Padang Panjang, inioke.com–Desa wisata Kubu Gadang, Padang Panjang, kembali dibuka setelah ditutup selama pandemi covid-19. Objek wisata di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, itu dibuka sejak Minggu lalu dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Minggu kemarin, wisata kubu gadang sudah kembali beraktifitas, kami persembahkan atraksi gandang tambua, pertunjukan akustik hingga senam pagi,” sebut pengelola Kubu Gadang, Yuliza Zen.

Dimasa pandemi ini, katanya, menjadi tantangan yang luar biasa untuk Pokdarwis Kubu Gadang. Pasalnya, mereka harus memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku wisata untuk dapat mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan.

Meskipun demikian, kami berupaya kembali menarik wisatawan untuk berkunjung ke alam indah Kubu Gadang. Selama pandemi, kesempatan bagi kami membenahi segala objek wisata sehingga membuatnya lebih menarik lagi,” ungkapnya.

Desa wisata Kubu Gadang menjadi destinasi andalan Padang Panjang sejak beberapa tahun lalu. Perkampungan dengan pemandangan alam, hamparan sawah danĀ  tiga gunung, Tandikek, Marapi dan Singgalang, salah satu bagian yang memikat di sini. Lanskap Kubu Gadang turut diperindah Bukit Tui yang menjulang.

Baca juga :  Survei Revolt Institute: 54 Persen Responden Merasa Khawatir Pilkada di Masa Pandemi

Yuliza bersama pengelola lainnya menyediakan paket-paket wisata menarik di Kubu Gadang ini. Paket-paket tersebut dikemas menjadi tiga kategori yaitu kuliner, atraksi dan edukasi. Salah satu yang membuat Kubu Gadang terkenal adalah atraksi silek lanyah, pertarungan silat yang dilakukan di lahan sawah berlumpur. (ioc)