Padang, inioke.com — Organisasi Tanggap Bencana Indonesia Raya (TABIR), Minggu pagi 5 April, menggelar aksi bakti sosial penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah di komplek-komplek perumahan sekaitan dengan antisipasi dan mewaspadai penyebaran COVID-19. Kegiatan diawali di jalur dua Pasar Belimbing, jalan Markisa Raya, Kota Padang. Menurut rencana, tahap awal aksi ini dalam 10 hari ke depan, berupaya mencapai 25 ribu unit rumah.

Desrio Putra mengajak masyarakat membangun semangat bersama dalam mencegah penyebaran coronavirus

Ketua TABIR, Desrio Putra, yang juga Anggota DPRD Provinsi Sumbar, mengatakan kegiatan ini selain didukung oleh Parta Gerindra, juga kerjasama dengan PT. Agrimitra Utama Persada, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang.

“Aksi ini merupakan satu langkah pasti dari TABIR, untuk mencegah lebih besarnya penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Selain itu kami juga melakukan aksi monitor kesehatan masyarakat sehingga apabila ada ditemui gejala-gejala terpapar Covid-19, maka kita akan langsung antar ke rumah sakit menggunakan ambulance yang telah disiapkan untuk aksi ini,” kata Desrio kepada inioke.com.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, yang hadir dalam aksi ini, memberi apresiasi positif kepada Desrio Putra dan semua yang terlibat. Karena beginilah setidaknya, mewujudkan kepedulian kepada masyarakat. Hal senada juga disampaikan Syaiful Bahri, selaku Kepala Bidang Rehab Rekon BPBD Kota Padang

Baca juga :  Kebijakan Seleksi Warga Padang Masuk Bukittinggi Didukung DPRD Padang

“Kami dari BPBD Kota Padang sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh TABIR ini, selain itu harapan kami hendaknya masyarakat Kota Padang juga dapat berperan aktif melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri,” ujar Syaiful

Sementara perusahaan air minum PT. Agrimitra Utama Persada, yang diwakili Enji, mengatakan kegiatan ini tidak semata aksi penyemprotan disinfektan dan monitor kesehatan masyarakat, tapi juga menyebarkan leflet yang berisi edukasi tentang cara membuat handsanitizer dan cara pencegahan Covid-19 yang akan bermanfaat bagi masyarakat dalam melakukan tindakan preventif dalam penyebaran Covid-19. “Kami juga memberikan support secara penuh kepada TABIR berupa fasilitas operasional seperti Mobil,” kata Enji pula.

Dalam kesempatan ini, Desrio Anggota Komisi IV, mengimbau kepada setiap kalangan untuk dapat saling bahu membahu, saling mengingatkan, dan mewaspadai penyebaran COVID-19. Selain itu, apabila ada pihak yang berkeinginan untuk ikut bekerjasama dengan TABIR, kami membuka pintu selebar-lebarnya, karena ini tanggungjawab bersama,  agar penyebaran covid-19 dapat dihentikan. Ia juga mengajak, untuk di rumah saja, selalu memakai masker, dan senantiasa jaga kebersihan serta selalu cuci tangan.

Baca juga :  Hendri Septa Akan Turun Langsung Sosialisasi Perda AKB kepada Masyarakat

Desrio juga berharap kepada perusahan-perusahaan dan BUMN atau BUMD yang ada di Kota Padang, agar dapat ikut terlibat aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini secara bersama-sama. (Boy)