Padang, inioke.com–Anggota DPRD Sumbar, Desrio Putra, meminta Gubernur Irwan Prayitno memperingatkan Bupati dan Wali Kota untuk mempercepat pendataan penerima bantuan sosial terdampak Covid-19.

Pasalnya, masyarakat sudah semakin sulit perekonomiannya, apalagi pasca penetapan PSBB di Sumbar. Konsekwensi dari penetapan PSBB tentu pemerintah harus menjamin ketersediaan pangan bagi warga yang tidak mampu.

“Kami minta bantuan pemerintah itu segera direalisasikan. Jangan diperlambat dengan alasan apapun. Jangan dipersulit, jangan main main dengan kelangsungan hidup masyarakat,” tegas Anggota Komisi IV ini.

Desri juga mengingatkan RT/RW/Kelurahan/Desa/Nagari jangan bermain main dalam pendataan nama- nama yang layak menerima. Menurutnya semua warga yg terkena dampak dan tidak memiliki kemampuan untuk penyediaan pangan keluarga harus dimasukkan namanya dalam daftar penerima bantuan.

“Jangan ada masyarakat yg seharusnya memiliki hak untuk memperoleh bantuan kemudian namanya tidak dicatat dengan alasan yg mengada ada. Kami di lapangan telah menerima laporan bahwa ada oknum-oknum yang bermain dengan memasukkan hanya nama keluarga, kerabat dan orang terdekat. Jika nanti terbukti ada yang bermain main, siap-siap saja menanggung resikonya. Anda akan diamuk oleh warga anda sendiri,” ujar Desrio mengingatkan.

Baca juga :  Sumbar Bersiap Menuju "New Normal"

Anggota Fraksi Gerindra ini juga meminta masyarakat melaporkan tindakan diskriminasi yang dialami kepada aparat kepolisian terdekat atau Anggota DPRD sebagai Pengawas Gugus Tugas Covid-19.

“Sebagai fungsionaris Partai Gerindra, saya juga persilahkan warga yang tidak mendapatkan keadilan haknya untuk melaporkan ke kantor Partai Gerindra di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota. Kami Partai Gerindra akan mengawal keadilan hak bagi masyarakat. Kepada para pihak kami ingatkan untuk tidak main main karena ini menyangkut hak hidup warga negara,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, kelurahan/nagari/desa harus transparan dalam mengumumumkan orang-orang yang memperoleh bantuan pemerintah. Sebelum di sampaikan kepada Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kota/Kabupaten harus diumumkan dulu tingkat nagari/desa/kelurahan, untuk kemudian diumumkan oleh RW dan RT.

Sebagai anggota DPRD Sumbar mewakili warga Kota Padang, dalam kapasitas sebagai Tim pengawas PSBB Covid-19 Sumbar, ia minta Wali Kota Padang segera menuntaskan pendataan warga yang berhak menerima bantuan.

“Warga Kota Padang ini sudah banyak yang menjerit, anggaran pemerintah untuk bantuan sudah tersedia, tunggu apa lagi? Kota Padang ini harusnya jadi barometer dan contoh bagi kota/kabupaten lainnya di Sumbar. Kalau di kota padang saja lamban menuntaskan data apalagi di kota/kabupaten lain,” ungkapnya.

Baca juga :  Baby Boom Hewan-hewan di Kebun Binatang Palestina Saat Lockdown

Selanjutnya, ujar Desrio, Gubernur Sumbar harus memberikan limit waktu yang tegas kepada Bupati/Walikota se Sumatera Barat untuk penyerahan data penerima bantuan. (BOY)