Padang, inioke.com--Profesor Ganefri bertekad melanjutkan program kerjanya dalam periode kedua 2020-2024 dengan penekanan pada implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar.

“UNP akan mencoba memakai berbagai strategi dalam pengembangan kurikulum serta akan melakukan re-orientasi kurikulum,” kata Ganefri, usai pelantikannya secara virtual sebagai Rektor UNP oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Ainun Naim, di Auditorium UNP, Kamis (4/6).

Menurutnya, kampus merdeka sebuah peluang untuk berinovasi sehingga ada kebebasan yang lebih luas. Dengan otonomi ini, ia berharap akan melahirkan banyak inovasi.

Saat ini, lanjutnya, UNP sedang dalam proses transformasi menjadi berbadan hukum.

“Dengan status badan hukum kita bisa dapatkan otonomi yang lebih luas, mulai dari pengelolaan akademik, pelayanan akademik, termasuk juga otonomi dalam pengelolaan keuangan serta melakukan kejasama dengan berbagai pihak. Kalau kita sudah berbadan hukum sendiri nanti, jika membuka dan menutup prodi tak perlu lagi izin dari Kementerian cukup dari wali amanah,” ungkap Ganefri.

Selain itu, kata Ganefri, UNP akan fokus pada internasionalisasi dimana prodi-prodinya akan diakreditasi secara internasional.

Baca juga :  Fadly Amran Sampaikan Langkah Penanganan Covid-19 di Padang Panjang kepada Gubernur

“Internasionalisasi visi kita kedepan tahun 2020-2024 ini dan itu bisa kita implementasikan dalam kampus merdeka,” ujarnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D periode 2020-2024 mengikuti protokol kesehatan ketat, dihadiri unsur Forkopimda, Walikota Padang, Kapolda, Danrem dan pejabat lainnya. (mdj)