Padang Panjang, inioke.com–Dalam era keterbukaan informasi publik, partisipasi masyarakat dalam penyebaran informasi publik merupakan hal penting. Untuk mendorong keterlibatan masyarakat ini, tanggapan dan respon masyarakat terhadap suatu layanan menjadi tolok ukur dalam peningkatan kualitas layanan oleh OPD terkait.

Dinas Kominfo Kota Padang Panjang dengan ragam layanan seperti Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kehumasan, Publikasi dan Penyebaran Informasi, ketersediaan jaringan Metronet, Layanan Command Centre, Data dan Statistik, Pengaduan 112, dan Layanan E Government dan Teknologi Informatika lainnya, berharap adanya penilaian dari masyarakat dan pengguna layanan.

Untuk hal tersebut, Dinas Kominfo Kota Padang Panjang meluncurkan aplikasi berbasis web yang berisi Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Informasi dan Komunikasi Publik di Kota Padang Panjang.

“Tujuan dari aplikasi web tersebut diluncurkan adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan terkait informasi, sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap Kominfo Kota Padang Panjang,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Ampera Salim.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, masyarakat kota padang panjang dapat memberikan penilaian terhadap pemerintah serta kinerja Kominfo Kota Padang Panjang.

Baca juga :  Bidan Desa di Lubuk Basung Positif COVID-19, Terpapar dari Petugas Labor

“Sekarang ini masyarakat bisa melihat dengan jelas apa saja yang dilakukan pemerintah. Masyarakat dapat menilai itu sendiri,” ungkap Ampera.

Maka dari itu, imbuhnya, kehadiran aplikasi Survei Kepuasan Layanan Informasi Publik ini adalah kuisioner pendapat yang bisa diisi oleh masyarakat. Untuk mengaksesnya melalui tautan https://klip.padangpanjang.go.id.

Dengan adanya aplikasi ini statistik tingkat kepuasan layanan Komunikasi dan Informatika Padang Panjang kini dapat terukur dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau publik.

“Aplikasi ini dibuat sesuai dengan UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik survei pelayanan. Dan tujuan dibuatnya untuk melayani masyarakat tentunya, kemudian untuk melihat puas atau tidaknya masyarakat terhadap kinerja kita. Juga menjadi tolak ukur bagi kita di Dinas Kominfo ini untuk melihat diterima atau tidaknya apa yang kami berikan kepada masyarakat,” tambah Ampera Salim.

Ia berharap adanya aplikasi ini masyarakat bisa memberikan penilaian terhadap semua bidang yang ada untukĀ  menjadi bahan kaca pribadi dan tercapainya intensitas dari pekerjaan. Nanti dari penilaian itulah dilihat hasilnya, yang indeksnya naik akan dipertahankan untuk lebih baik lagi, dan jika indeksnya menurun akan digenjot dan perbaiki.

Baca juga :  Shalat Jumat dan Tarawih Online, Bolehkah?

“Kita tidak mempunyai target awal atau semacamnya terhadap aplikasi ini, karena kami serahkan seluas-luasnya kepada masyarakat. Dan juga karena ini adalah awal dari adanya aplikasi ini, maka kami akan memberitahukan masyarakat melalui postingan nantinya di akun instagram, di facebook dan juga di website Kominfo ini yang dapat dipelajari lebih dalam oleh masyarakat,” pungkasnya. (ioc/rilis)