Padang Panjang, inioke.com–Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang memberikan vaksinasi rabies secara gratis bagi hewan peliharaan warga.

Vaksinasi rabies ini merupakan salah satu tindakan pencegahan terhadap hewan peliharaan yang bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindungi hewan peliharaan terhadap beberapa penyakit tertentu terutama rabies, yang efeknya bisa berakibat fatal hingga mengakibatkan kematian. Berkaca dengan hal tersebut, maka sangat perlu kiranya dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Ade Nefrita Anas, mengatakan bekerjasama dengan UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang telah melakukan beberapa langkah vaksinasi rabies ini, diantaranya vaksinasi terhadap hewan kesayangan yang dibawa masyarakat ke klinik hewan yang ada di UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang.

Disamping itu, turun ke kelurahan-kelurahan di Kota Padang Panjang dengan membentuk posko-posko untuk menvaksinasi hewan kesayangan masyarakat.

“Kami juga mengunjungi rumah-rumah masyarakat yang memelihara hewan kesayangan untuk di vaksinasi rabies,” ungkap Ade.

Sasaran dari pelaksanaan vaksinasi ini, kata Ade, hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, dan kera.

Baca juga :  KI Sumbar Bimtek Penyelesaian Sengketa Informasi di Tanah Datar

“Vaksinasi massal rabies ini diberikan secara cuma-cuma atau gratis,” jelasnya.

Program Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang untuk tahun 2020, vaksinasi rabies ditargetkan 1500 ekor Hewan Penular Rabies (HPR). Saat ini baru tercapai sekitar 1000 ekor HPR.

“Karena pada saat ini sedang berlangsung vaksinasi rabies di Kelurahan-kelurahan, insya Allah target 1500 ini akan kami usahakan dapat tercapai,” katanya. (ioc/rls)