Padang, inioke.com–Pekan lalu Gubernur Sumbar menerbitkan instruksi pemeriksaan swab bagi pengelola dan pemilik restoran, kafe, dan rumah makan khususnya di Kota Padang. Hal ini dilakukan, karena masih banyak restoran, kafe dan rumah makan yang abai terhadap protokol kesehatan.

Kepala Pusat Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang, dr Andani Eka Putra, mengatakan, pihaknya siap periksa gratis tes swab pemilik dan pengelola sesuai instruksi gubernur tersebut.

“Takad saya dan semua pihak yang peduli terhadap Covid-19 selama ini adalah siap keluarkan Padang dari zona merah,” ujar dokter Andani.

Ia menyampaikan potensi penyebaran Covid-19 di restoran, rumah makan dan kafe itu sangat besar. Sehingga harus bersama membantu memutus mata rantainya.

“Ada prosedur untuk swab massal gratis itu dan ada pakta integritas serta ada reward atas kesuksesan adaptif Covid-19 restoran dan kafe,” ujar Andani.

“Hasilnya tidak konsumsi publik. Saya yang sampaikan ke pemilik restoran dan kafe itu langsung atas hasil pemeriksaan swab mereka,” ujar Andani.

Baca juga :  Solok Selatan more close to Muaro Bungo Airport

“Allhamdulillah Dinkes Kota Padang mendukung dan siap bantu menurunkan survailance-nya. Pemilik restoran dan kafe juga sudah bergabung dalam WhatsApp Group (WAG) khusus untuk pemilik dan pengelola sebagai ajang koordinasi dan konsultasi. Mengenai form isian untuk disampel sudah kita sampaikan di WAG tersebut,” ujar Andani yang langsung menjadi admin WAG Kawal Kuliner. (ioc)