Padang, Inioke.com— Di tengah krisis ekonomi yang dialami oleh sebagian besar masyarakat di Sumatra Barat, khususnya di Kota Padang, dosen-dosen Universitas Bung Hatta mewujudkan kepedulian sosial terhadap orang terdekat, yakni tenaga kependidikan golongan 1, petugas kebersihan, supir, asisten rumah tangga, dan satpam Universitas Bung Hatta.

Kepedulian sosial itu diwujudkan dengan penyerahan bantuan berupa beras sebanyak 5 kg bagi masing-masing penerima.

Para dosen Universitas Bung Hatta sangat merasakan bahwa mereka yang terdampak krisis ekonomi akibat wabah Covid-19 ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

Secara sukarela, para dosen Universitas Bung Hatta menyerahkan jatah beras mereka sebanyak 400 kg melalui pihak universitas untuk diserahkan kepada penerima bantuan.

Penyerahan bantuan ini dihadiri oleh  Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, M.B.A., yang didampingi oleh Wakil Rektor I (Prof. Dr. Hendra Suherman), Wakil Rektor II (Dra. Susi Herawati, M. Pd.), dan Wakil Rektor III (Prof. Dr. Diana Kartika).

“Kami mengucapkan terima kasih dan sangat apresiatif kepada para dosen yang secara sukarela terketuk hatinya untuk membantu sesama di tengah pandemi Covid-19 ini. Mudah-mudahan, amal ibadah ini menjadi berkah bagi sivitas akademika dan Universitas Bung Hatta,”kata Prof. Tafdil Husni.

Baca juga :  Orang Pertama Positif COVID-19 di Agam Kemungkinan Terpapar dari Payakumbuh

“Di samping bagi para tenaga kependidikan golongan 1, petugas kebersihan, supir, asisten rumah tangga, dan satpam, kami dari pihak universitas dan yayasan juga peduli terhadap kondisi para mahasiswa. Beberapa waktu lalu, kami juga memberikan bantuan sembako (beras, telur, dan minyak goreng) kepada para mahasiswa yang masih tetap bertahan tinggal di kos dan tidak memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Alhamdulillah, kesulitan ekonomi para mahasiswa tersebut dapat diatasi dengan upaya yang dilakukan,”kata Wakil Rektor II, Dra. Susi Herawati, M. Pd.

“Kami juga terharu. Ternyata, para mahasiswa kami juga turun ke lapangan. Mereka yang dari aktivis kampus, lembaga kemahasiswaan, dan aliansi, bahu-membahu menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar yang terdampak krisis ekonomi akibat wabah Covid-19 hingga petugas medis. Bantuan itu diserahkan berupa kebutuhan pokok, uang, dan alat kesehatan (masker, hand sanitizer, dan cairan disinfektan) untuk pencegahan penyebaran virus Corona. Pundi-pundi amal telah mereka buka melalui saluran donasi yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan secara daring di jejaring sosial,”tambah Wakil Rektor III, Prof. Dr. Diana Kartika.

Baca juga :  Aidinil Zetra: Calon Petahana Diuntungkan dengan Keputusan Pilkada 9 Desember

“Dari sisi akademik, bagi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, kami mengerti akan hal itu. Untuk itu, sebagai wujud kepedulian terhadap kelanjutan pendidikan anak bangsa, pendaftaran di tahun ini, melalui kebijakan Rektor Universitas Bung Hatta, kami gratiskan. Di tahun lalu, uang pendaftaran dikenakan sebesar Rp250.000,00. Saat ini, untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021, kami gratiskan uang pendaftarannya. Pendaftaran bisa dilakukan di rumah masing-masing secara daring. Calon mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 Universitas Bung Hatta cukup dengan membuka website www.spmb.bunghatta.ac.id. Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk. Agar lebih memudahkan calon mahasiswa bertanya seputar perkuliahan, uang spp, dan registrasi, masyarakat dapat mengikuti instagram @universitasbunghatta.,”tutup Wakil Rektor I, Prof.Dr. Hendra Suherman. (Rio/Humas)