Padang, inioke.com–Berbagai langkah strategis telah dilakukan dan terus diupayakan dalam penanganan serta pengendalian Covid-19 di Sumatera Barat.

“Untuk kasus positif baru, Alhamdulillah sudah jauh berkurang, tinggal Padang dengan klaster Pasar Raya yang masih kita optimalkan upaya tracking-nya,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, kepada Anggota DPD RI. Empat anggota DPD RI dari Sumbar itu, Leonardy Harmainy, Emma Yohana, Muslim M Yatim, dan Alirman Sori. Keempatnya sedang melakukan kunjungan kerja terkait penanganan Covid-19 di daerah.

Irwan melanjutkan, terkait penerapan tatanan baru produktif dan aman Covid-19, dari 19 kabupaten/kota, terdapat 3 daerah yang berkemungkinan akan tetap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Padang karena masih ada temuan positif, Padang Pariaman dan Mentawai karena berbatasan langsung dengan Padang, namun ini tergantung pada keputusan Rakor bersama kepala daerah pada 7 Juni nanti,” ujarnya.

Sementara itu ulasnya, hasil refocusing APBD Pemprov Sumbar, telah dialokasikan anggaran sebesar 500 hingga 600 Milyar.

“Dana inilah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana pada rumah sakit, kebutuhan pada Laboratorium, termasuk bantuan kepada masyarakat. Target kita Covid-19 di Sumbar terkendali, menurun dan habis,” harap Irwan.

Baca juga :  Tingkatkan Skill Selama di Rumah Saja

Hadir mendampingi Gubernur, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, diantaranya Kepala Diskominfo Jasman dan Kepala Dinas Pariwisata Novrial. (io/rel)