Padang, inioke.com–Hingga hari terakhir pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, empat pasang bakal calon yang diusulkan partai politik dan gabungan partai politik terdaftar di KPU Sumbar. Bisa dipastikan, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar hanya diikuti empat pasang tersebut.

Hari pertama, Jumat (4/9), mendaftar Mahyeldi-Audy Joynaldi. Pasangan ini diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembanungan (PPP). Dalam Pemilu 2019, PKS memperoleh 10 kursi di DPRD Sumbar, sedangkan PPP dapat 4 kursi. Dengan jumlah 14 kursi, gabungan partai politik ini memenuhi syarat untuk mengusulkan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Selanjutnya, pada hari kedua, Sabtu (5/9) sore, mendaftar ke KPU Sumbar Nasrul Abit dan Indra Catri. Petahana Wakil Gubernur Sumbar dan Bupati Agam itu diusung Partai Gerindra, yang memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar. Pasangan ini satu-satunya yang mendaftar tanpa koalisi parpol.

Terakhir, Minggu (6/9) mendaftar dua pasang bakal calon lagi, Fakhrizal-Genius Umar dan Mulyadi-Ali Mukhni.

Fakhrizal-Genius Umar mendaftar pukul 13.00 WIB. Pasangan ini diusung oleh gabungan partai politik atau koalisi poros baru, terdiri dari Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Masing-masing partai memiliki kursi di DPRD Sumbar, Golkar 8 kursi, Nasdem 3 kursi, dan PKB 3 kursi. Total kursi gabungan parpol ini 14 kursi untuk mengusung Fakhrizal-Genius Umar. Di samping itu, pasangan yang pernah mendaftar sebagai bakal calon perseorangan namun tidak memenuhi syarat ini juga didukung oleh Partai Bulan Bintang (PBB) yang tidak memiliki kursi di DPRD Sumbar.

Baca juga :  Bawaslu Kota Padang dan Jajarannya Ikuti Rapid Test

Kemudian, pukul 16.00 WIB mendaftar pula Mulyadi dan Ali Mukhni. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Di DPRD Sumbar, Demokrat dan PAN memiliki masing-masing 10 kursi. Dengan demikian, gabungan parpol ini punya 20 kursi untuk mengusung Mulyadi-Ali Mukhni dalam Pilgub Sumbar 2020.

Jumlah kursi DPRD Provinsi Sumatera Barat yang disyaratkan untuk pengusulan bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur adalah 13 Kursi atau 20 per seratus dari jumlah kursi DPRD.

Jika dilihat dari peta perolehan kursi partai politik, sudah dapat di pastikan hanya empat bakal pasangan calon yang bisa mendaftar sebagai bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Pemilihan Tahun 2020.

Tahap berikut, bapaslon akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan KPU akan melaksanakan verifikasi administrasi syarat calon.

“Alhamdulillah KPU telah melangsungkan penerimaan empat pasang bakal cagub dan cawagub dengan lancar, semuanya dinyatakan lengkap dan sah,” ujar Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, Minggu (6/9).

Meski demikian, kata Amnasmen, KPU Sumbar tetap menunggu pendaftaran hingga penutupan pukul 00.00 WIB, malam ini.

Baca juga :  Mulai Sekarang, Kendaraan Umum Dilarang Keluar-Masuk Sumbar

“Semua daerah hari ini harus selesai penerimaan, dan alhamdulillah hingga kini semua berjalan lancar sesuai kita harapkan,” tutupnya. (ioc)