Padang, inioke.com–Pertunjukan kesenian tradisi bagurau saluang jo dendang di Minangkabau merupakan salah satu bentuk kesenian yang melibatkan partisipasi dan interaksi pagurau (pecandu seni bagurau) dalam pertunjukannya. Interaksi ini sangat menarik diikuti, sekaligus media pembelajaran bagi yang muda-muda terhadap adat dan tata tertib pergaulan di masyarakat yang mengutamakan raso jo pareso. 

Menyadari pentingnya makna bagurau saluang jo dendang terhadap masyarakat terutama dalam berinteraksi sosial, apalagi di masa pandemi covid-19, Bakal Calon Gubernur Sumbar Faldo Maldini dan Wakil Gubernur Febby Datuak Bangso menggelar bagurau virtual melalui facebook, Sabtu 4 Juli 2020, pukul 20.00 WIB.

“Saat pandemi ketika orang tidak boleh berkumpul, kita punya metode lain menjalin silaturahim dengan masyarakat. Lewat saluang jo dendang niek di hati kabasobok jo dunsanak kasadonyo,” ujar Febby.

Disampaikan Febby, penguatan tradisi sangat perlu, khususnya generasi melenial.

”Kita diharapkan kembali untuk peka dan menjaga raso jo pareso karena inilah yang harus menjadi pondasi dasar untuk pembangunan SDM Minangkabau atau Sumatera Barat. Secerdas apapun pemimpin, kalau tidak punya raso pareso, kepekaan sosial sudah mulai menipis tentu pemimpin itu hanya menjadi penimpin untuk sekelompok golongan bukan pemimpin untuk semuanya,” ujarnya.

Baca juga :  Aksi Tanggap Covid 19 dan Memantau Perantau Pulang di Jorong Baso

Febby juga mengatakan, perlu komitmen bahwa pemimpin kedepan yang punya waktu untuk mendengar keluh kesah akar rumput.

“Untuk itu, bialah saluang jo rabab nan manyampaikan,” tukas Febby.

Bagurau saluang jo dengan virtual di facebook ini akan dimeriahkan oleh pedendang dari tiga luhak, Eka Sutai dari Tanahdatar, Meri dari Batubalang Limapuluh Kota, dan Reni dari Cingkariang Agam. Serta pedendang terkenal Misramolai dari Kayutanam dengan tukang saluang Kamarudin bersama juru mudi A Dt Mangiang.

Silakan ikuti dan tonton di FB atau IG Faldo Maldini dan Eka Sutai. (ioc/rilis)