Padang, inioke.com–Benar-benar sudah menggila wabah corona ini. Orang gila diserangnya juga.

Seperti yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Jiwa HB Saanin Padang. Ada 11 pasien yang masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dicurigai terjangkit virus corona disease (Covid-19) di sana. Pasien orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) ini berasal dari sejumlah daerah di Sumbar.

Pasien ODP yang sebagian besar laki-laki itu saat ini dirawat di ruangan khusus yang disiapkan pihak rumah sakit.

Direktur Utama RSJ HB Saanin, Ernoviana, mengatakan, 11 pasien ODP tersebut akan dites swab. Diungkapkannya, pada saat pasien ODGJ diantarkan ke RSJ HB Saanin, daerah asal mereka tidak memberikan data lengkap mengenai pasien ODGJ sehingga pihak rumah sakit mengambil inisiatif melakukan rapid test.

“Ke IGD kita screening, kalau kita curigai sebagai ODP kita masukkan ke sini (ruang isolasi). Ada yang sudah kita tes 2 kali jadi untuk memastikan benar baru kita lakukan swab,” terangnya.

Ernoviana menjelaskan, pengambilan sampel swab dilakukan kepada 11 orang pasien ODP untuk mengetahui apakah ODGJ yang dibawa dari daerah zona merah tersebut terpapar Covid-19. Sebab, mereka kemana dan dari mana belum bisa dikomunikasikan. Jadi, untuk mengetahui riwayat perjalanannya harus menunggu mereka sembuh dulu.

Baca juga :  Wisuda ke 58, Senator Sumbar Apresiasi Universitas Tamansiswa Padang

Sebagai langkah antisipatif, RSJ HB Saanin telah menyiapkan APD dan melatih tenaga medis sesuai protokol penanganan Covid-19. (boy)