Padang, inioke.com–Tukang pijat dan orang yang dipijat sama-sama berpotensi besar untuk menyebarkan virus corona atau COVID-19. Setidaknya seperti yang terjadi di Kota Padang. Seorang tukang pijat tertular dari pasiennya yang positif COVID-19.

Hasil Swab terhadap seorang tukang pijat di Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) itu menunjukan tanda positif. Sehingga ia harus dirujuk secepatnya ke rumah sakit. Ia terpapar setelah melalukan kontak dengan warga Lubuk Begalung yang positif COVID-19.

“Hasilnya positif. Saat ini, kami tengah mempersiapkan proses rujukan tukang pijat tersebut ke rumah sakit,” kata Kepala Puskesmas Luki, Linda Hasymi, Senin (27/4).

Rencana awalnya, ujar Linda, tukang pijatĀ  itu akan dirujuk ke RSUD Rasidin Kota Padang, tapi karena rumah sakit rujukan khusus COVId-19 itu sudah penuh, diusahakan ke rumah sakit lainnya.

“Sekarang ini kami masaih mengupayakan rumah sakit rujukan untuk penanganan tukang pijat tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, sebut Linda, semua yang pernah kontak dengan tukang pijat tersebut, akan diminta untuk melakukan protokol penanganan pencegahan COVID-19.

Baca juga :  Koalisi Empat Parpol Lahirkan Poros Baru Pilkada Sumbar 2020

“Akan dilakukan penyemprotan disinfektan di tempat tinggalnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Linda Hasymi, Jumat lalu menyampaikan kepada warga bahwa seorang tukang pijat di Koto Lalang masuk sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG)usai memijat warga Lubeg yang positif Covid-19.

Setelah dari tukang pijat, pasien positif ini juga mampir ke Pasar Bandar Buat. Untuk itu, baik tukang pijat maupun warga yang positif COVID-19 tersebut akan ditelusuri perjalanannya.

“Kami dari Puskesmas Luki akan terus mencari tahu perjalanan warga Lubeg dan tukang pijat di Koto lalang tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid di Lubuk Kilangan,” ungkap Linda.

Linda juga mengimbau agar werga tetap di rumah selama masa PSBB guna penanganan COVID-19. Kalau harus keluar rumah, gunakan masker dan jaga jarak lebih dari 1 meter dari warga. Setelah itu, biasakan diri mencuci tangan usai berpergian, dan jangan lupa menjaga ketahanan tubuh dengan makan makanan bergizi. (gyn)