Generasi Muda Komplek Flamboyan (GMKF) bersama Komite Peduli Bencana Kota Padang, melakukan penyemprotan disinfektan ke salah satu rumah di gang Anyelir Kelurahan Flamboyan, Padang Barat, Jumat, 15/5/2020 pukul 21.00. Hal itu, sekaitan pencegahan penularan Covid 19 di kawasan perumahan tersebut.

Menurut Albert, Ketua Pemuda GMKF, salah satu rumah yang diutamakan penyemprotannya, karena terindikasi ada kontak dari klaster Pasar Raya Padang yang telah dinyatakan positif terindikasi Covid-19 baru ini.

Penyemprotan sendiri dilakukan oleh Komite Peduli Bencana Kota Padang di bawah binaan DPD Partai Gerindra. Zulkifli, ketua Komite Peduli Bencana Kota Padang mengatakan, sesungguhnya timnya telah melaksanakan penyemprotan selama 44 hari dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19. Komite ini sendiri bertujuan membantu pemerintah dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Padang.

“Kebetulan ada tokoh masyarakat di sini meminta bantuan melakukan penyemprotan di dua titik. Salah satunya di rumah ini,” tutur Ketua Komite Peduli Bencana Kota Padang tersebut, menyebut alasannya bertindak.

Baca juga :  Bupati Ali Mukhni hadiri Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60

Kata Zulkifli, Komite Peduli Bencana Kota Padang  siap diminta bantuan. Katanya, Kalau tidak ada permintaan pun, jika timnya tahu, kita akan masuk dan tentu jika lebih dulu diizinkan.

Selain melakuan penyemprotan di rumah Komite Peduli Bencana Kota Padang juga melakukan penyemprotan di ruas jalan, pagar dan selokan di ruas gang  Anyelir tersebut.

Kedepanya GMKF akan melakukan pemblokiran beberapa ruas jalan sehingga hanya ada satu akses keluar masuk. Kemudian di sini akan didirikan post penjagaan untuk cek suhu tubuh dan identifikasi orang yang masuk.

“Jadi, ini rumah anak dari kerabat yang diketahui telah berinteraksi. Kita berupaya mensterilkan lokasi. Orang yang bersangkutan juga di minta isoloasi mandiri selama 14 hari,” kata Albert.

Ketua RT 4 komplek flamboyan, Rasidah, berharap untuk yang terindiksai bisa karantina secara mandiri, dan semoga sehat selalu dan baik baik saja. Sebagai ketua RT, Rasidah mengimbau warganya untuk menjaga kebersihan, mencuci tangan dan tidak keluar rumah dulu, serta selalu pakai masker.

Baca juga :  Aman Dikunjungi, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Istano Basa Pagaruyung

“Virus ini sudah jadi hal yang menakutkan bagi masyarakat. Sebaiknya kita ikuti saja peraturan dan imb auan pemerintah,” pungkas Rasidah. (Mono)