Padang, inioke.com–Pilihan menjalani hidup di era new normal di tengah pandemi benar-benar akan dilaksanakan di Sumbar. Untuk mendukung strategi tersebut, Pemprov Sumbar akan mengusulkan peraturan daerah (Perda) tentang penerapan new normal kepada DPRD.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Irwan Prayitno, saat rapat paripurna penetapan dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap LKPD Sumbar 2019.

“New normal akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Sumbar. Bukittinggi akan melaksanakan hal itu pada 1 Juni mendatang. Maka tadi saat berbicara di ruang pimpinan di ruangan, kita menyepakati secara informal dan mengusulkan Perda soal new normal,” katanya di DPRD Sumbar, Jumat (29/5).

Irwan mengatakan new normal perlu dukungan dan aturan sehingga efektifnya perlunya Perda dan aturan, termasuk sanksi. Menurutnya, pengusulan Perda ini juga didukung Kajati dan Kapolda Sumbar. Ia berharap Perda ini cepat terbit.

“Semoga ini bisa jadi rujukan di Sumbar. Karena new normal sudah di depan mata, sehingga kita tak ingin ini gagal seperti PSBB. Di masa PSBB kita tak bisa menilang karena tak ada aturan baru,” terangnya.

Baca juga :  Diskusi Virtual Soeloeh Institute: Banyak Masyarakat Mengira Corona Telah Berakhir Padahal Belum

Selain itu, ia juga mengatakan agar sekretaris daerah juga menganggarkan untuk masa COVID-19 yang tak ada sebelumnya.

“Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021 juga masuk untuk menganggarkan COVID-19 dan bagaimana mengatasinya kedepan,” tuturnya.

Irwan Prayitno berharap Perda ini cepat dibahas dan bisa diterapkan.

“Ini kita bahas bersama dengan DPRD sehingga cepat diterapkan,” harapnya. (mdj)