Padang, inioke.com–Memakai masker menjadi keharusan bagi masyarakat Sumbar akan ke luar rumah membeli bahan kebutuhan pokok, ke tempat kerja, berobat, atau keperluan penting lainnya. Kewajiban memakai masker ini terdapat dalam Instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor : 360/ 013/COVID-19 SBR/IV-2020. Instruksi ini mulai berlaku hari ini (7/4).

Kita minta Bupati dan Walikota menyebarluaskan instruksi tersebut, serta melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya sesuai kebutuhan. Penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19,” ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Selasa (7/4).

Kebijakan bermasker bagi seluruh masyarakat ini, menurut Irwan, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia yang disampaikan di dalam Rapat Terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka kemarin (6/4). Presiden Joko Widodo mengingatkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit. Tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” ujarnya.

Kepala Negara meminta agar masyarakat mematuhi imbauan tersebut. Maka itu, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Baca juga :  Guspardi Gaus : Maksimalkan APBD Tangani COVID-19

“Saya meminta agar penyiapan masker sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” kata Presiden.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, juga telah menyatakan bahwa kebijakan tersebut mengikuti rekomendasi dari WHO. Kebijakan memakai masker ini memakai tagar #MaskerUntukSemua agar masif di seluruh warga negara Indonesia.

Yuri menyampaikan bahwa masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk saat ini, masker medis seperti masker bedah dan N-95 diprioritaskan bagi dokter dan paramedis.

Terkait pelaksanaan instruksi tersebut, Irwan Prayitno menekankan kepada Wali Nagari, Kepala Desa,  Lurah, Wali Jorong, Ketua RW/RT, Kader PKK dan lain-Iain agar mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker di luar rumah.

Sebelum instruksi Gubernur ini keluar, Wali Kota Padang, Mahyeldi, telah menginstruksikan juga warga kotanya untuk memakai masker keluar rumah, termasuk orang yang datang. Bahkan, Mahyeldi menerapkan denda 2 masker bagi yang tidak memakainya. (GYN)

Baca juga :  Seorang penumpang pesawat asal Malaysia dengan gejala corona dilarikan ke RSUP M Djamil