Padang, inioke.com–Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, berharap semua pihak terkait bisa meningkatkan sinergi bersama Lapas Kelas II A dan Rutan Kelas II B dalam pengurangan tindakan kriminalitas dan juga rehabilitasi bagi pelaku tindakan kriminal.

“Saat ini banyak tantangan yang tengah kita hadapi bersama. Maka itu, mari kita tingkatkan sinergi untuk menjaga kota dan warga di Kota Padang ini untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum dan hal negatif lainnya. Semoga Padang akan menjadi kota yang tertib, aman dan damai hingga masa-masa mendatang,” ungkap Hendri Septa dalam Serah Terima Jabatan (Sertijab) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (7/1/2021).

Lebih lanjut Hendri juga mengapresiasi telah adanya sebuah Koperasi di keluarga besar Rutan Kelas II B Padang yang merupakan sebuah inovasi dari Karutan yang lama Eri Erawan.

“Hal ini juga bahagian yang sama dari program kita di Pemko Padang dalam memikirkan nasib warga Kota Padang di semua elemen, termasuk warga kita yang mendekam di Rutan atau di Lapas. Dan ini merupakan hal yang luar biasa dan insya Allah kita akan bersinergi nantinya. Bagaimana dalam meningkatkan, melakukan pengawasan dan penguatan. Kapan perlu melakukan upaya pembukaan lapangan pekerjaan sehingga setelah mereka keluar Lapas atau Rutan akan menjadi manusia yang hakiki dan terlepas dari kesalahan-kesalahan di masa lalu,” tukuk wawako bersemangat.

Baca juga :  Bupati Hendrajoni juga upayakan tunjangan untuk marbot masjid

Sertijab antara Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Padang, Arimin, kepada Era Wiharto.

Selain itu juga Sertijab antara Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Negara Kelas II B Padang yang sebelumnya ditempati Eri Erawan, kini digantikan Muh Mehdi.

Kalapas Kelas II A Padang yang lama Arimin resmi berpindah tugas sebagai Kalapas Kelas II A Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian Karutan Kelas II B Padang yang lama Eri Erawan kini berpindah tugas menjabat Kalapas Kelas II B Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Padang yang baru Era Wiharto sebelumnya menjabat Kalapas Kelas II A Kota Rantau Prapat, Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan Karutan Kelas II B Padang Muh. Mehdi sebelumnya menjabat Karutan Kelas II B Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Selamat kepada bapak Arimin selaku Kalapas Kelas II A Padang dan juga bapak Eri Erawan sebagai Karutan Kelas II B Padang yang lama. Kita mengucapkan terima kasih, semoga pengabdian bapak selama ini menjadi ladang amal dan kebaikan bagi kita semua, khususnya dalam hal memimpin Kalapas dan Karutan sejauh ini. Mudah-mudahan ke depan bapak makin sukses lagi di tempat tugas yang baru insya Allah,” tutur Hendri Septa yang juga Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Padang itu.

Baca juga :  KPU dan Polda Sumbar Deklarasi Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Pemilihan Serentak 2020

Dalam sertijab tersebut juga hadir Kakanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya, unsur Forkopimda Kota Padang dan stakeholder terkait lainnya. (rls)