Payakumbuh, inioke.com–Di hari pertama puasa Ramadan ini, kabar duka menyelimuti Kota Payakumbuh. Di kota yang selama ini masih nol orang positif COVID-19, akhirnya terkena juga wabah mengerikan ini.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengumumkan kasus positif COVID-19 pertama di Payakumbuh, Jumat (24/4). Ia menyampaikan warga Payakumbuh berjenis kelamin laki-laki yang positif ini merupakan seorang pedagang di Pasar Pusat Payakumbuh. Sekarang sedang menjalani perawatan intensif di RS Achmad Mochtar Bukittinggi.

“Benar, warga kita tersebut berinisial HEM dan saat ini telah dirujuk ke RSAM Bukittinggi untuk menjalani perawatan intensif. Kami baru mengetahui kabar tersebut tadi malam dan pagi ini Tim Gugus Penanganan COVID-19 langsung melakukan tindakan dengan mencek riwayat kontak dan perjalanan beliau,” kata Riza Falepi.

Kemudian, lanjut Riza, orang-orang terdekatnya seperti istri dan anak yang tinggal serumah akan dilakukan isolasi atau karantina secara mandiri. Namun pihaknya menyebutkan kalau seandainya tidak bisa melakukan isolasi mandiri maka tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Payakumbuh akan menyiapkan tempat karantina.

Baca juga :  Hendri Septa Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Masyarakat Koto Lalang

“Sekarang istrinya tengah mendampingi beliau dan nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan. Kemudian untuk orang terdekat lainnya kalau bisa isolasi mandiri dulu,” ujarnya didampingi Sekdako Payakumbuh Rida Ananda dan Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr Bakhrizal.

Ia menjelaskan warganya tersebut tinggal di salah satu perumahan yang berada dekat batas Kota Payakumbuh dengan Limapuluh Kota. Tim gugus tugas akan mendata orang-orang yang pernah kontak dengan pasien ini.

“Kami imbau masyarakat untuk tetap tenang dan patuhilah anjuran dari pemerintah agar kita semua dapat memerangi Pandemi COVID-19 ini,” pungkas Riza. (ino)