Padang, inioke.com–Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa terus menggencarkan sosialisasi sekaligus mengimbau semua pihak mendukung penuh upaya percepatan penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota Padang.

Pasalnya, tanpa dukungan tersebut penyebaran Covid-19 tentu akan sulit ditekan, bahkan entah sampai kapan Kota Padang menuju zona hijau. Seperti kemarin, kasus positif baru di Kota Padang tercatat sebanyak 41 kasus, meski yang sembuh didapati berjumlah 78 orang. Sementara yang sudah meninggal karena Covid-19 di kota itu sampai saat ini sudah mencapai 80 orang.

“Kita Pemerintah Kota Padang memohon sangat kepada semua pihak dan seluruh warga Kota Padang, mari kita sama-sama perangi Covid-19 ini. Apa ngga kasian kita, kalau masih belum keluar dari status zona merah, banyak sekali dampak negatif yang kita rasakan. Terutama di sektor perekonomian dan juga anak-anak para generasi muda kita yang sudah lama tidak belajar secara tatap muka. Dan itu berpengaruh terhadap psikis dan perkembangan mereka,” imbuh Plt Wako sewaktu melakukan sosialisasi dan memotivasi sekaligus mengevaluasi kinerja para lurah se-Kecamatan Lubuk Begalung, di aula kantor kecamatan setempat, Selasa (6/10).

Baca juga :  Menuju New Normal, Pemkab Dharmasraya Adakan Rapid Test Massal

Hendri menekankan, sejatinya tiang dalam mempercepat pengendalian Covid-19 adalah kembali ke diri masing-masing. Jika masyarakat dan semua pihak disiplin mengikuti aturan (protokol kesehatan-red) saat ini, maka diyakini dari hari ke hari kasus Covid-19 akan semakin terus ditekan.

Lebih lanjut Plt Wali Kota Padang mengimbau kepada para ASN dan terutama lurah selaku garda terdepan pemko di masyarakat, untuk menyatukan tekad sama-sama berupaya dan menjadi agen dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Caranya tentu dengan menjaga masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Memakai masker kemana bepergian, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan meningkatkan imun tubuh.

“Ada sepakat kita? Kalau kita sepakat mari kita kerahkan semua kemampuan kita untuk mengendalikan penularan Covid-19 di kota yang kita cintai ini. Ingat anak-anak kita, mereka bisa kembali sekolah seperti biasa syaratnya kota ini harus berstatus zona hijau. Itu pun harus bertahan pula zona hijau tersebut selama satu bulan,” tutur Hendri didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi serta Camat Lubuk Begalung Wilman Muchtar saat itu.

Baca juga :  Gugus Tugas Covid-19 Luncurkan Sistem BLC, Wujudkan Keterbukaan Informasi

Lebih jauh Hendri Septa juga turut memaparkan sosialisasi terkait seiring akan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumbar periode 2021-2026 yang akan dilangsungkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Untuk itu kepada unsur terkait dan kita semua warga Kota Padang, mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan turut mensukseskan semua tahapan yang dilakukan pada Pilkada tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana kita membantu meningkatnya partisipasi pemilih di wilayah masing-masing. Kemudian menjaga kondisi agar tetap kondusif. Kita pasang target partisipasi pemilih di Kota Padang pada Pilgub nanti 100 persen. Mari kita sosialisasikan kepada masyarakat, karena satu suara sangat menentukan bagi kemajuan Sumbar 5 tahun ke depan,” imbau Plt Wako mengakhiri. (rilis)