Padang, inioke.com–Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) virtual antar pelajar dan mahasiswa se Kota Padang resmi ditutup Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, kemarin malam.

MTQ di tengah pandemi corona itu diselenggarakan selama lebih kurang 16 hari secara virtual yang disiarkan secara langsung melalui salah satu radio swasta di Kota Padang.

MTQ ini dikoordinir oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan Ilmu dan Kandungan Al-qur’an Universitas Andalas (PIKA).

Kegiatan ini pun diharapkan menjadi wadah bagi para pelajar dan mahasiswa di Kota Padang yang memiliki bakat dan minat dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga dengan itu diyakini akan melahirkan Qoriah dan Qoriah yang mumpuni di bidangnya dan bisa nanti mewakili Kota Padang pada lomba, baik ditingkat regional nasional dan internasional.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik lomba MTQ yang disponsori oleh Telkomsel, serta didukung PT Semen Padang, Universitas Andalas (Unand) dan Classy Production itu.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada mahasiwa Unand yang telah menginisiasi dan menjadi panitia dalam lomba MTQ ini. Mudah-mudahan hal ini juga menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya atau masyarakat di Kota Padang,” ujar Wawako Hendri Septa sewaktu menutup secara resmi MTQ online antar pelajar dan mahasiswa se-Kota Padang tersebut secara live zoom dari rumah dinas, Jalan A Yani nomor 51, Sabtu (23/5).

Baca juga :  Pulang dari Luar Negeri, Warga Sumbar Harap Lapor ke RS Terdekat

Hendri pun turut mengapresiasi semua peserta yang antusias mengikuti MTQ online tersebut, baik yang sukses menjadi finalis atau tidak.

“Meskipun saat ini kita tengah diuji dengan pamdemi corona, namun alhamdulillah tidak mengurangi niat dan kemauan keras kita dalam mengikuti pelaksanaan MTQ online di bulan Ramadan ini. Kita tentu berharap, dengan MTQ online ini minat para generasi muda kita tetap terjaga untuk selalu membaca, menghafal dan mengamalkan Alquran,” imbuhnya.

Lebih jauh wawako menyampaikan bahwa dalam keadaan apapun dan bagaimanapun semua umat Islam khususnya generasi muda agar selalu mencintai Alquran. Hal itu dikarenakan Alquran adalah pedoman hidup dunia dan akhirat serta banyak banyak manfaat terkandung di dalamnya bagi kehidupan manusia.

“Semoga para peserta yang mengikuti MTQ ini bisa menjadi contoh dan duta bagi generasi muda lainnya untuk semangat membaca Alquran, serta menghafal dan mengamalkannya. Untuk itu, selamat kepada para panitia yang sukses menggelar MTQ online ini dan para peserta yang telah berpartisipasi dalam ajang keagamaan ini,” pungkas Hendri Septa sembari mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020. (io/rel)

Baca juga :  Dampak Pandemi Covid-19, Ekonomi Sumbar Tumbuh Terbatas