Padang, inioke.com–Hujan lebat dari siang tadi hingga sekarang menyebabkan luapan air di beberapa kawasan dan ruas jalan di Kota Padang, Rabu (8/7). Tingginya genangan air di jalan menyebabkan macet karena bertepatan pula dengan lalu lintas yang padat di jam pulang kerja.

Beberapa kawasan dan jalan di Kota Padang yang terendam banjir seperti Pegambiran, Tabiang Banda Gadang, Sungai Sapiah, Maransi, dan Jalan Joni Anwar, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Gajah Mada, dan seterusnya.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Padang, Sutan Hendra, saat dihubungi mengatakan, untuk saat ini penanganan banjir dan evakuasi belum ada masyarakat yang melapor, namun anggota beberapa petugas telah siaga di lapangan.

“Hujan sejak siang hingga sore ini menyebabkan sejumlah titik jalan tergenang air sehingga menimbulkan kemacetan” ujar Sutan Hendra.

Selain itu, sejumlah pemukiman rumah warga di Tabiang Banda Gadang, Arai Pinang, Jondul Rawang, dan Maransi juga terendam banjir setinggi 15-20 sentimeter.

“Kita himbau masyarakat untuk selalu berhati-hati karena beberpa titik juga terjadi kemacetan seperti Lapai, Alai dan Anduring, karena bertepatan dengan jam pulang kantor” katanya.

Baca juga :  Wali Kota Padang Bertekat Hijaukan Zona Merah Covid-19

“Kita tetap siaga berjaga-jaga jika seandainya kembali terjadi hujan lebat hingga ketinggian air yang menggenangi jalan dan pemukiman warga sudah mulai surut,” tegas Sutan.

Sementara itu, salah seorang pebisnis di Jalan Gajah Mada, Fahmy, berharap hujan berhenti dan air yang menggenangi jalan segera surut. Sebab, ia cemas tokonya yang berada di pinggir jalan itu kebanjiran. Apalagi, barang-barang yang dijualnya tidak bisa kena air. (ioc)