Padang, inioke.com–Lebaran tahun ini di rumah saja. Termasuk pelaksanaan shalat Idul Fitri nanti. Sebagaimana imbauan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno agar masyarakat melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah.

Imbauan tersebut juga disampaikan setelah rapat koordinasi virtual bersama Menkopolhukam, Mendagri, Menteri Agama, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, dan BIN dengan pembahasan pelaksanaan Salat Idul Fitri di daerah, kemarin.

“Ada empat poin dalam rapat tersebut, salah satunya Salat Idul Fitri di rumah saja,” katanya.

Walaupun demikian, lanjutnya, kalau ada masyarakat yang ingin melaksanakan shalat di lapangan atau masjid, maka Bupati/Walikota terlebih dahulu berkoordinasi dengan organisasi keagamaan dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Kemudian harus memastikan aman dari COVID-19 dan daerah tersebut tidak ada warganya yang pernah terinfeksi COVID-19.

“Bagi yang tinggal di zona hijau diberikan pertimbangan. Namun kami mengimbau agar shalat di rumah saja,” tegasnya.

Bagi yang tinggal di zona hijau dan tetap melaksanakan salat Idulfitri, panitia harus mensosialisasi protokol kesehatan kepada jamaah sholat ied. Menyiapkan cuci tangan, pakai masker, bawa sajadah sendiri, khotbah tidak panjang, shalatnya cukup ayat-ayat pendek.

Baca juga :  PSBB Berakhir, Sumbar Masuk Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid

“Kemudian tidak ada kotak sumbangan yang jalan, tidak boleh salaman dan peluk-pelukan serta cipika cipiki, jaga jarak dan harus diawasi oleh aparat keamanan, Polri, TNI, Pol PP dan yang terkait lainnya,” tukas IP. (gyn)