Padang, inioke.com–Di tengah mewabahnya Covid-19 di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang, Jurusan Teknik Elektro Unand menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat membagikan disinfektan dan hand sanitizer ke Puskesmas, sejak Senin (27/4) hingga beberapa hari berikutnya.

Ada 17 Puskesmas di Kota Padang yang diberikan bantuan disinfektan dan hand sanitizer tersebut, di antaranya Puskesmas Padang Pasir, Ulak Karang, Belimbing, Kuranji, Air Pacah, Ambacang, Lubuk Buaya, Andalas, Pauh, Air Dingin, Nanggalo, Air Tawar, Lubuk Kilangan, Ikua Koto, Pembantu Limau Manis, Puskesmas Pariaman dan Lubuk Begalung.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Elektro Unand ini, Baharuddin, menyampaikan, usaha mencegah penyebaran virus adalah langkah yang harus diterapkan oleh semua orang tanpa terkecuali.

“Cepat atau lambatnya, terbebas daerah kita dari wabah ini sangat tergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan social distancing atau menjaga jarak dalam bersosialisasi. Kemudian, selalu gunakan masker ketika keluar rumah dan mencuci tangan dengan sabun setiap saat,” tambahnya.

Kemudian, kata Baharuddin, pentingnya kebersihan lingkungan dan mencuci tangan bagi masyarakat, Jurusan Teknik Elektro Unand berinisiatif mewujudkan kepedulian sosial dengan menyerahkan disinfektan dan hand sanitizer ke puskesmas-puskesmas di sekitar Kota Padang. Pemilihan puskesmas ditetapkan karena bantuan pada puskesmas saat ini masih belum mencukupi dan puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan individu.

Baca juga :  15 orang di Tanah Datar masuk dalam daftar orang dalam pemantauan

“Kota Padang saat ini sudah tercatat sebagai salah satu kota di Sumatera dengan angka positif Covid-19 yang tertinggi. Tentu, hal ini harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Baharuddin. (rio)