Padang, inioke.com–Kapal nelayan yang hilang kontak diperairan Mentawai bermuatan 12 ABK berhasil ditemukan. Tim Rescue SAR, TNI/POLRI dan BPBD menemukan kapal tersebut pada Koordinat 0°32’0.50” S 98°30’01″ E, antara pulau Siberut dengan Nias Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Akmal, mengatakan, delapan orang ABK dievakuasi dengan KN SAR Ramawi Mentawai menuju Dermaga Sikabaluan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sementara, empat orang ABK lainnya dievakuasi menuju Dermaga Hibala Nias Selatan, Sumatera Utara, dengan KM Kencana Bahari.

“Operasi SAR pencarian kapal nelayan hilang kontak dinyatakan selesai dan diusulkan untuk di tutup, dengan ucapan terima kasih untuk semua potensi SAR yang terlibat,” ungkap Akmal, Minggu (19/7) malam.

Ditambahkan Akmal, saat ini tim Rescue SAR, TNI/POLRI, dan BPBD, yang berjumlah 19 orang dan delapan ABK kapal nelayan telah sampai di Sikabaluan untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan besok pagi menuju Tuapejat.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kapal nelayan hilang kontak diperairan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada koordinat 0°47’55″S-98°35’59″E dengan jarak radial 95 NM/322° dari dermaga Tuapejat, Mentawai, Minggu siang. (ioc)

Baca juga :  55 PPK Dharmasraya dilantik, KPU Sumbar : PPK harus kuasai aturan