Padang, inioke.com–Dalam dua hari terjadi lonjakan yang cukup tinggi orang positif COVID-19 di Sumbar. Jumlahnya penambahannya signifikan, yaitu, 19 orang pada hari Senin (27/4) dan 23 orang pada hari Selasa (28/4). Dengan demikian, total orang kena corona di Sumbar juga naik cepat mencapai 144 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal menyampaikan, sebaran penambahan 19 orang dan 23 orang tersebut masih didominasi warga Kota Padang.

Jika hari Senin, 14 orang warga Padang, maka hari ini 18 orang yang positif COVID-19 di Padang.

“Terbanyak dari kota Padang, hari ini 18 orang dan semuanya isolasi mandiri di rumahnya masing-masing di bawah pengawasan ketat tim kesehatan,” katanya, Selasa (28/4).

Jasman menambahkan, tambahan 18 orang tersebut umumnya bersifat transmisi lokal (local transmission). Hal ini berdasarkan pengembangan dan penelusuran dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan masih berputar dalam klaster yang sama.

“Mereka berasal dari berbagai wilayah di kota Padang, antara lain dari Parak Karakah, Seberang Padang, Kuranji, Aur Duri, Nanggalo, Korong Gadang, Komplek Cendana, Kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunung Pangilun, Belimbing dan Tanah Sirah,” ujarnya.

Baca juga :  Dampak angin kencang, Nelayan Ulak Karang 10 hari tak melaut

Jasman melanjutkan, selain Padang, Kabupaten Solok mengalami peningkatan sebanyak 3 orang, semuanya berasal dari Surian karena terinfeksi dengan warga sebelumnya yang juga telah positif, semuanya sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Kemudian, dari Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh juga terkonfirmasi telah bertambah masing-masing 1 orang lagi dan juga isolasi mandiri di rumah.

Jasman menyebutkan, dari RSUP Dr M Djamil Padang, juga dilaporkan ada pasien positif yang telah dinyatakan sembuh, merupakan warga Koto Tangah, perempuan berusia 59 tahun. Sehingga total yang telah sembuh sampai hari ini adalah sebanyak 24 orang.

“Dengan demikian, total yang telah dinyatakan positif di Provinsi Sumatera Barat sampai Selasa 28 April 2020 adalah 144 orang, dengan rincian 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 49 orang, 19 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 14 orang dan sembuh 24 orang,” tuturnya lagi. (gyn)