Padang, inioke.com—Ganefri terpilih kembali sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) dalam pemilihan daring atau e-voting yang dilaksanakan tertutup di Auditorium UNP, Kamis (23/4). Petahana ini menang telak dengan perolehan suara tertinggi dalam pemilihan yang dilakukan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Ketua Senat Universitas Negeri Padang, Z Mawardi Effendi, mengatakan pemilihan baru saja dilaksanakan secara daring oleh pihak senat dan kementerian. Porsi suaranya yakni 65 persen dari senat dan 35 persen dari pihak kementerian.

“Pihak kementerian sudah menyampaikan bahwa mereka bisa hadir dalam proses pemilihan karena pemilihan ini adalah domain kementerian, bagaimana caranya kementerian yang menentukan. Kemudian datang surat dari dirjen bahwa kementerian melaksanakan pemilihan suara dilakukan melalui daring,” katanya.

Ia mengatakan Ganefri memperoleh suara sebanyak 126 dari 131 suara secara keseluruhan atau sekitar 96 persen suara.

“Sedangkan dari pihak senat Ganefri berhasil memperoleh suara sebanyak 85 dari 96 suara,” tuturnya.

Selanjutnya hasil pemilihan ini akan dikirim lagi ke Kementerian. “Tadi juga sudah disaksikan melalui daring oleh Kepala Biro SDM Kementerian soal pemilihan langsung ini. Rektor terpilih ini nantinya akan diangkat dalam rentang waktu hingga 19 Juli,” jelasnya.

Baca juga :  Memperingati Harganas, Ada Layanan KB Gratis Seluruh Kecamatan di Dharmasraya

Mawardi berharap dengan terpilihnya kembali Ganefri sebagai rektor untuk empat tahun mendatang, semoga lompatan yang dicapai selama empat tahun terakhir bisa dicapai lagi di masa mendatang.

“Empat tahun belakangan lompatan luar biasa bagi UNP , yang tentunya ini juga kerjasama kolektif civitas akademika dan semua pihak. Ke depan tentunya ada lagi lompatan luar biasa yang bisa dilakukan. Jika tidak ada, minimal sama dengan empat tahun belakangan,” harapnya.

Pemilihan ini dibuka oleh Ketua Senat Universitas Negeri Padang, Z Mawardi Effendi, didampingi sekretaris senat, Sufyarma Marsidin. Pemilihan Rektor UNP periode 2020-2024 menggunakan sistem online e-voting dengan perolehan suara, yakni, Ganefri 126 suara, Refnaldi 2 suara dan Syahrial Bakhtiar 3 suara.

Pemilihan dilakukan secara tertutup di Auditorium UNP bersama Mendikbud RI yang diwakili oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Dyah Damayanti, melalui video konferensi. Sementara itu, Calon Rektor yang hadir hanya Ganefri dan Refnaldi. Sedangkan, saksi dalam e-voting ini ditunjuk 3 orang dari anggota senat yakni Yasri, M. Giatman, dan Yuliana.

Baca juga :  Cuci Tangan 20 Detik Secara Benar Bisa Membunuh Virus

Ganefri menyampaikan terima kasih dan hormat kepada seluruh anggota senat, dekan, dan seluruh civitas akademika yang telah medukung dan mempercayakan dirinya kembali menjabat sebagai Rektor UNP.

“Saya meminta kepada seluruh civitas akademika agar bisa lebih bersinergi mengembangkan dan memajukan UNP,” ucapnya.

Pemilihan Rektor UNP sudah mendapat izin dari Gubernur Sumbar dan dilaksanakan dengan mempedomani protokol percepatan penangganan COVID-19 serta ketentuan di dalam PSBB. (gyn)