Padang Panjang, inioke.com–Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi penilaian pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang Panjang melalui Tim Penilai Pelayanan Publik dari Biro Organisasi Provinsi Sumatera Barat, Selasa (8/9).

Sebelum turun ke lapangan tim yang terdiri dari Kepala Biro Organisasi Provinsi Sumatera Barat, Ahmad Zakri, Kasubag Pelayanan Publik, Muzirwan, dan rombongan diterima di ruangan Kerja Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul terlebih dahulu. Tampak hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang Panjang, Maini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ewasoska, dan Kepala Bagian Organisasi, Nofi Yanti.

Ahmad Zakri, mengatakan evaluasi pelayanan publik program nasional dalam rangka memastikan unit kerja penyedia publik sudah mematuhi standar pelayanan publik yang ditetapkan oleh lembaga pelayanan publik UU nomor 25.

“Ada 6 aspek dan 37 indikator yang menentukan ukuran standar pelayanan yang diberikan oleh sebagian dari pelayanan publik. Berdasarkan dari evaluasi tersebut kita dapat melihat dimana kekurangan dan penyedia layanan publik yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Baca juga :  IJTI dan IWO Sumbar Ingatkan Jurnalis agar Ikuti Protokol Kesehatan

Enam aspek pelayanan publik yang merupakan pilar penyangga penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu, profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Mekanisme Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi Pelayanan Publik. Keenam aspek tersebut menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.

Dikatakannya, Kota Padang Panjang, khususnya Dinas Dukcapil, sudah ada peningkatan dari tahun ke tahun. Dari segi indikator sudah memenuhi tetapi dari segi kualitas harus ditingkatkan lagi.

“Jadi setiap tahun akan ada evaluasi untuk melihat atau mencari masukan apa yang perlu diperbaiki kedepannya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul, berharap dengan adanya penilaian ini kita diharapkan bisa memperoleh prestasi yang maksimal dan kita semakin lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga penilaian tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” harap Asrul. (ioc/rls)