Tanah Datar, inioke.com–Sebagai wujud dan kesan mendalam terhadap kepemimpinan almarhum Irdinansyah Tarmizi, Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Tanah Datar menulis sebuah buku dan meluncurkannya, Selasa (15/12). Peluncuran Buku Biografi Bupati Tanah Datar 2016-2021, Irdinansyah Tarmizi berjudul “Memeluk Langit Menjejak Bumi, Jejak Seorang Bupati Pejuang” itu di gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi menyampaikan, perjuangan penulisan buku sampai diterbitkan membutuhkan kerja keras dan semangat yang cukup besar dari tim penulis.

“Setidaknya penulisan buku ini memakan waktu lebih kurang setahun, namun karena berangkat dari rasa spontanitas rasa kagum maka hambatan dan rintangan dapat dilalui dan menghasilkan buku ini,” ujarnya.

Riswandi menambahkan, dalam penulisan buku ini tentunya masih belum sempurna, namun secara bertahap akan disempurnakan melalui saran ataupun kritikan sehingga cetakan selanjutnya bisa lebih sempurna.

“Buku ini mengupas dari masa kecil Almarhum sampai masa menjabat di pengujung pengabdian beliau sebagai Bupati. Tentunya kita berharap apa yang dituangkan bisa menjadi referensi menambah wawasan serta contoh dan teladan bagi generasi kita di Tanah Datar,” ungkapnya.

Baca juga :  Pajak Tak Gratis lagi untuk Hotel, Restoran, dan Tempat Hiburan

Sementara itu CEO Media Guru yang menjadi penerbit buku, Mohammad Ihsan mengungkapkan buku ini sangat bagus dan sangat berisi, karena dianggap mengandung banyak nilai-nilai inspirasi.

“Secara pribadi menilai buku ini sangat bergizi dan layak menjadi referensi bagi Bupati lainnya, tidak hanya di Tanah Datar atau Sumbar, tapi mungkin juga di Indonesia. Insya Allah kami akan membantu untuk penyebaran buku ini sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh orang lainnya,” katanya.

Dari judul bukunya, tambah Ihsan, mencerminkan bagaimana sosok almarhum Irdinansyah Tarmizi merupakan pemimpin yang relatif berhasil melaksanakan program dan kegiatannya namun tetap rendah hati di tengah keberhasilannya.

Selepas itu hal senada disampaikan Bupati diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Nuryedisman bahwa almarhum selama memimpin Tanah Datar mempunyai kepribadian dan visi yang patut diteladani.

“Selama menjabat Bupati banyak prestasi yang telah diukir, baik bidang pemerintahan ataupun bidang keagamaan. Seperti penerimaan WTP di bidang keuangan, Wahana Tata Nugraha, gerakan subuh berjamaah, magrib mengaji, pengembangan pondok tahfizh sampai Tanah Datar menjadi juara Umum MTQ N ke 38 tingkat provinsi di Kota Solok dan banyak lainnya,” ungkapnya.

Baca juga :  Bank Nagari Lubuk Gadang salurkan KUR Rp56,4 miliar, kredit macet 0,30 persen

Nuryedisman juga berharap, buku biografi ini bisa menjadi contoh atau penambahan wawasan bagi semua yang membacanya.

“Insya Allah buku ini akan bermanfaat bagi kita semua, di samping menambah wawasan, buku ini bisa juga menjadi rujukan atas berbagai prestasi yang pernah ditorehkan Tanah Datar selama beliau menjabat sehingga Luhak Nan Tuo bisa lebih baik lagi ke depan,” tukasnya.

Di kesempatan itu hadir juga istri almarhum, Ny Emi Irdinansyah, atas nama ahli waris menyampaikan terima kasih atas penerbitan buku biografi.

“Terima kasih, semoga buku ini bermanfaat bagi semua, sehingga juga menjadi amal bagi beliau sehingga semakin di lapangkan beliau di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Kemudian Ny Emi berharap ke depannya berbagai program yang telah dicanangkan almarhum dilanjutkan pemimpin Tanah Datar selanjutnya.

“Masih banyak program dan kegiatan yang belum sempurna beliau laksanakan, karenanya atas nama keluarga kami sampaikan permohonan maaf. Namun juga tertumpang harapan kami, apa yang menjadi program beliau hendaknya bisa dilanjutkan, sehingga tercapai masyarakat Tanah Datar yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Baca juga :  110 tahun Semen Padang, terus mengabdi untuk negeri

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan buku dari Bupati kepada Istri Almarhum bersama ahli waris dan keluarga di Lintau yang diwakili tokoh masyarakat. Dan juga buku dibagikan kepada semua undangan yang hadir. Selanjutnya akan dibedah oleh narasumber Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, Pimpred Harian Singgalang sekaligus Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi dan Ketua Dewan Pendidikan Tanah Datar Arpinus. (rilis)