Tanah Datar, inioke.com–Sebagai wujud dan kesan mendalam terhadap kepemimpinan almarhum Irdinansyah Tarmizi, Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Tanah Datar menulis sebuah buku dan meluncurkannya, Selasa (15/12). Peluncuran Buku Biografi Bupati Tanah Datar 2016-2021, Irdinansyah Tarmizi berjudul “Memeluk Langit Menjejak Bumi, Jejak Seorang Bupati Pejuang” itu di gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi menyampaikan, perjuangan penulisan buku sampai diterbitkan membutuhkan kerja keras dan semangat yang cukup besar dari tim penulis.

“Setidaknya penulisan buku ini memakan waktu lebih kurang setahun, namun karena berangkat dari rasa spontanitas rasa kagum maka hambatan dan rintangan dapat dilalui dan menghasilkan buku ini,” ujarnya.

Riswandi menambahkan, dalam penulisan buku ini tentunya masih belum sempurna, namun secara bertahap akan disempurnakan melalui saran ataupun kritikan sehingga cetakan selanjutnya bisa lebih sempurna.

“Buku ini mengupas dari masa kecil Almarhum sampai masa menjabat di pengujung pengabdian beliau sebagai Bupati. Tentunya kita berharap apa yang dituangkan bisa menjadi referensi menambah wawasan serta contoh dan teladan bagi generasi kita di Tanah Datar,” ungkapnya.

Baca juga :  Memperingati Harganas, Ada Layanan KB Gratis Seluruh Kecamatan di Dharmasraya

Sementara itu CEO Media Guru yang menjadi penerbit buku, Mohammad Ihsan mengungkapkan buku ini sangat bagus dan sangat berisi, karena dianggap mengandung banyak nilai-nilai inspirasi.

“Secara pribadi menilai buku ini sangat bergizi dan layak menjadi referensi bagi Bupati lainnya, tidak hanya di Tanah Datar atau Sumbar, tapi mungkin juga di Indonesia. Insya Allah kami akan membantu untuk penyebaran buku ini sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh orang lainnya,” katanya.

Dari judul bukunya, tambah Ihsan, mencerminkan bagaimana sosok almarhum Irdinansyah Tarmizi merupakan pemimpin yang relatif berhasil melaksanakan program dan kegiatannya namun tetap rendah hati di tengah keberhasilannya.

Selepas itu hal senada disampaikan Bupati diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Nuryedisman bahwa almarhum selama memimpin Tanah Datar mempunyai kepribadian dan visi yang patut diteladani.

“Selama menjabat Bupati banyak presta