Padang, inioke.com–Selepas pencalonan perseorangan yang tidak memenuhi syarat dukungan untuk mendaftar sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, kejutan pilkada Sumbar mulai muncul dari partai politik. Seperti, malam tadi (1/8) telah lahir ‘poros baru’ dari koalisi empat parpol (Golkar, Nasdem, PKB dan PDI Perjuangan).

“Kami empat parpol pemilik 17 kursi di DPRD Sumbar sudah berkomitmen untuk mengusung paslon ke Pilkada Sumbar, siapanya segera saja diproses. Terpenting prinsip adalah lepaskan baju parpol, pakai baju Sumbar dan masyarakat,” ujar Ketua Nasdem Hendrajoni usai pertemuan.

Hendrajoni pastikan tidak mengusung paslon yang sudah diusung arpol lain di Pilkada Sumbar.

”Masih banyak tokoh Sumbar hebat dan mengakar serta teruji untuk Sumbar maju dan masyarakat makmur,” ujar Hendrajoni lagi.

Sementara itu pada pertemuan elite parpol Sumbar di Mercure semalam memang belum membicarakan siapa paslon yang diusung. Ada nama Fakhrizal, Faldo Maldini, Gusmal, atau Fauzi Bahar.

Menurut Wakil Ketua DPD Partai Golkar, Afrizal, pertemuan malam minggu itu belum biacara orang.

Baca juga :  Karena Konflik Militer, Pemutusan Internet di Myanmar Telah berlangsung Satu Tahun

”Kata kunci semalam adalah komitmen, lalu mekanisme di waktu 20 hari kedepan, Senin atau Selasa, Poros Baru ini buka pendaftaran di tempat tersendiri atau Sekretariat Bersama. Lalu tanggal 20 Agustus, calon mendaftar di survei dan selanjutnya masing petinggi mengurus SK DPP Parpol masing-masing. Terakhir, 5 September paslon kami daftarkan ke KPU Sumbar,” ujar Afrizal. (ioc)