Padang, inioke.com–Monitoring dan evaluasi (monev), pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang, Komisi 1 DPRD Sumbar kunjungi KPU Sumbar, Senin (24/8).

Komisi I DPRD Sumbar dalam kunjungan kerja dipimpin wakil ketua Eviyandri Rajo Budiman, dan sekretaris HM Nurnas, serta didampingi anggota Zarfi derson, Bakri Bakar, M Ridwan, juga staf komisi Rio Eka Putra dan Nanda.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Komisi I DPRD Sumbar diterima komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai, Yanuk Sri Mulyani dan Izwaryani, didampingi Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Aan Wuryanto, Kabag SDM, Perencanaan dan Data Wandrizen, Kasubag Perencanaan dan Data Agustian, kasubag Tekhupmas Jumiati, serta beberapa kasubag lainnya.

Nurnas menayakan seputar kesiapan dan kendala yang dihadapi KPU Sumbar ketika melaksanakan tahapan awal sampai saat ini.

Selain itu, ia juga menanyakan, sejauh mana monev yang sudah dilakukan KPU Sumbar terhada KPU Kabupaten dan Kota, dalam kesiapan menghadapi Pilkada mendatang.

“Rasanya kami sebagai mitra kerja KPU perlu untuk melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi, sehingga penyelenggaraan Pilkada dan semua tahapan bisa berjalan baik, sesuai kehendak bersama,” ulas Nurnas.

Baca juga :  Dalam Sehari, 50 Ribu Masker Diproduksi UMKM Agam

Ditegaskannya, monev yang dilakukan saat ini sebagai fungsi pengawasan dalam penganggaran, sehingga tidak ada masalah di kemudian hari.

Menjawab pertanyaan Komisi I, Komisioner KPU yang hadir mengatakan sudah siap untuk menyelenggarakan pilkada serentak dengan semua tahapannya.

Bukan hanya komisioner KPU, sekretariat dan tenaga pendukung juga sudah menyiapkan diri, agar penyelenggaraan pilkada dari semua tahapan berjalan baik.

“Berbagai kendala memang ada, namun sampai saat ini dapat diatasi, karena kerja sama antara komisioner dengan sekretariat dijalin dengan baik. Kita sudah siap untuk melaksanakan pilkada serentak, dari tahap awal sampai pelaksanaan di hari-H, 9 Desember 2020 mendatang,” jawab Izwaryani yang kerap dipanggil Adiak.

Ditambahkan Gebril, monev yang dilakukan Komisi I DPRD Sumbar merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka, karena nampak hubungan kemitraan yang harmonis.

Pertemuan dua lembaga tersebut berjalan sangat harmonis, penuh keterbukaan dan saling memberikan masukan, untuk penyelenggaraan pilkada sesuai dengan aturan berlaku. (ioc)