Padang, inioke.com—Hanya berselang empat hari setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III, Dinas Pendidikan Kota Padang akan membuka pendaftaran masuk SD dan SMP. Untuk SD akan dilakukan dua tahap, sedangkan SMP sebanyak tiga tahap.

”Untuk pendaftaran sekolah dasar (SD) tahap pertama kami mulai tanggal 11 Juni mendatang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, Rabu (3/6/2020). Ini akan berlangsung hingga 16 Juni 2020.

Pendaftaran peserta didik dapat dilakukan secara daring atau online oleh masing-masing orang tua murid di sekolah yang memiliki jaringan internet. ”Untuk pengumumannya langsung kami informasikan tanggal 17 Juni 2020 di website kami,” lanjutnya.

Lebih jauh dia menerangkan, pada tahap pertama orang tua bisa mendaftarkan anaknya di tiga sekolah berbeda yang berada di zonanya masing-masing. Sementara untuk tahap kedua, pihaknya akan menerima peserta didik yang tidak diterima pada tahap pertama.

Selain itu, pada tahap kedua ini merupakan tahap agar kuota di sekolah-sekolah penuh. ”Pada tahap kedua pendaftaran akan dilaksanakan 24 Juni 2020 mendatang. Setelah itu, orang tua siswa melakukan pendaftaran ulang pada 25 sampai 26 Juni,” jelas Habibul Fuadi.

Baca juga :  Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Kunci Tatanan Hidup Normal Baru

Ia mengatakan, persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran adalah fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga (KK), surat keterangan domisili dan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) kedua orang tua.

Sementata itu, pendaftaran untuk SMP untuk tahap pertama akan dimulai pada 17 sampai 20 Juni mendatang. Proses pendaftaran akan dilakukan dalam jaringan atau online di http://psb.diknaspadang.id. ”Formulirnya bisa diisi di website kami ini,” ucap Habibul Fuadi.

Untuk tahap kedua merupkan jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi akademis. Ini akan berlangsung 30 Juni hingga 2 Juli 2020. Lalu pada 5 sampai 7 Juli 2020.

Ia mengatakan, untuk registrasi online bisa dilakukan orang tua atau siswa di website yang telah disediakan dengan mengisi semua form yang disediakan. ”Saat masuk ke website, hal pertama yang harus dientrikan adalah tanggal lahir siswa sesuai dengan KK,” terang Habibul.

Selanjutnya, siswa memilih kecamatan sesuai dengan tempat domisilinya. Ketiga, siswa memilih kelurahan tempat tinggalnya. Selanjutnya, siswa mengisi tempat tanggal lahir sesuai dengan KK. Setelah itu, mengisikan nomor KK, meng-upload foto KK dan terakhir meng-upload foto ijazah atau bukti kelulusan.

Baca juga :  Hendri Septa Giat Sosialisasi Perwako tentang Pola Hidup Baru dalam Pandemi Covid-19

”Setelah selesai mengisi form, pengumumannya bisa dilihat di website pada 3 Juli 2020 untuk tahap pertama,” sebutnya. Sedangkan untuk pendaftaran jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi akademis diumumkan pada 8 Juli 2020.

Sementara itu, persyaratan yang harus dilengkapi saat mendaftarmasuk SMP adalah formulir yang diunduh dari website, fotokopi ijazah atau bukti kelulusan, fotokopi rapor kelas empat, lima dan enam, print out dari website http :// nisn.kemendikbud.go.id, surat pindah tugas orang tua wali khusus siswa yang bukan dari Padang, fotokopi KK dan fotokopi ijazah untuk siswa yang lulus sebelum tahun 2020. (std)