Padang, inioke.com–Pemilihan Serentak 2020 di masa pandemi covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan. Sebagai penguatan terhadap penyelenggaraan pilkada yang aman, damai dan sehat, KPU dan Polda Sumbar mendeklarasikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, di Padang, Kamis (10/9).

Deklarasi ini dilakukan bersama pimpinan partai politik, bakal calon kepala daerah di Sumbar, serta dihadiri Bawaslu dan stakeholder lainnya. Saat deklarasi juga diadakan pembagian masker secara simbolis oleh Kapolda Sumbar, Toni Armanto.

Toni mengatakan, dengan menjaga diri sendiri dalam mengantispasi penyebaran covid-19, akan berimbas pada penjagaan pada orang lain, sehingga pemutusan rantai penyebarannya dapat dilakukan, dan pilkada tidak menjadi klaster baru.

“Kita mendukung pilkada bebas dari penularan covid-19 dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan, diantaranya memakai masker,cuci tangan serta menjaga jarak,” tegas Toni.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Sumbar Amnasmen, dimana sejak awal tahapan, sesuai arahan KPU RI dan aturan berlaku, penyelenggara sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Kita menyelenggarakan pilkada dengan protokol kesehatan, dan amat berharap pada semua pihak, baik parpol, calon, tokoh masyarakat, serta semua instansi untuk bisa melakukan sosialisasi ini,” ulas Amnasmen. (ioc)

Baca juga :  Ramadan di Kano Nigeria, Lockdown Membuat Semuanya Suram