Padang, inioke.com–KPU Kota Padang menegaskan komitmennya dalam melaksanakan UU KIP dan PKPU No. 1 tahun 2015, dengan menyerahkan buku laporan layanan keterbukaan informasi. Tahun 2020, KPU Kota Padang adalah peringkat kedua kategori KPU kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Laporan tersebut diserahkan oleh Komisioner KPU Atika Triana didampingi Kasubag Teknis dan Parmas, Rino Sutrisno dan staf KPU Sandra kepada Ketua KI Sumbar Nofal Wiska didampingi komisioner Tanti Endang Lestari.

Atika menegaskan KPU Kota Padang terus berbenah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

“Kita terus melakukan inovasi dan kreatifitas untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat, karena kami meyakini, semakin terbuka maka tingkat kepercayaan publik makin tinggi,” jelas Atika pada saat diskusi.

KPU Kota Padang juga optimis untuk tahun 2021 akan memperoleh predikat informatif dan menjadi KPU terbaik dalam pelayanan informasi di Sumatera Barat.

“Kita sudah membenahi segala hal sesuai dengan masukan dari KI Sumbar,” lanjut Atika.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska mengapresiasi KPU Padang yang terus melakukan perbaikan tata kelola layanan informasi.

Baca juga :  Untuk Mengawasi Pasien PDP COVID-19, Sumbar Buka Lowongan Tenaga Kesehatan

“Ini yang kita harapkan dari badan publik, setiap saat melakukan upaya perbaikan layanan informasi karena penyebarluasan informasi adalah kewajiban badan publik,” jelas Nofal Wiska.

Tanti Endang Lestari menilai komitmen KPU Padang ini akan disupport penuh oleh KI Sumatera Barat.

“Tujuan monitoring dan evaluasi badan publik termasuk ke KPU adalah memberikan masukan, KI Sumbar siap melakukan asistensi ke KPU Padang dan badan publik lainnya,” papar Tanti.

Penyerahan laporan keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur UU KIP adalah keharusan bagi badan publik. Laporan itu diserahkan ke Komisi Informasi paling lambat 31 Maret 2021. (rilis)