Padang, inioke.com–KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat akan melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan mulai 27 Juni nanti. Verifikasi faktual tersebut menggunakan metode sensus dengan mendatangi satu persatu orang yang memberikan dukungan ke rumahnya.

Dalam masa pandemi covid-19 ini, petugas PPK dan PPS akan mendatangi atau bertemu dengan banyak orang. Untuk itu perlu dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

“Saat ini KPU Kabupaten/Kota sedang mengadakan pembekalan terhadap PPK dan PPs terkait cara kerja verifikasi faktual dan bagaimana bekerja dalam kondisi pandemi covid-19 sekarang ini,” kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, saat membuka sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan lanjutan pemilihan 2020 melalui zoom meeting, Senin (22/6).

Dalam kondisi pandemi, lanjut Amnasmen, seluruh tahapan yang ke lapangan sesuai ketentuan akan dilengkapi dengan APD.Dari 11 item APD yang diatur, setidaknya verifikasi faktual ini didukung oleh 5 APD, yaitu, masker, hand sanitizer, sarung tangan karet, face shield, dan thermogun.

“Terkait anggaran pengadaan APD ini baru turun aturannya tadi, dimana dibebankan kepada KPU daerah masing-masing. Persoalannya kita harus menyiapkan 5 item APD tersebut dalam waktu 3-4 hari ke depan, sebab tanggl 27 Juni verifikasi faktual akan dilaksanakan, paling lambat tanggal 26 Juni sudah sampai di PPK dan PPS,” ungkap Amnasmen.

Baca juga :  Basuo jo Pemilih, Gerakan Coklit Serentak Pilkada Sumbar 2020 Dimulai

Mengatasi persoalan tersebut, Amnasmen mencoba berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat. Ia mengharapkan Gugus Tugas mau membantu APD ini, melalui hibah atau peminjaman.

“Ini disampaikan bukan berarti kita pesimis menyelenggarakan pilkada dalam kondisi pandemi ini. Kita tetap optimis melaksanakan ikhtiar ini sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Terkait jumlah dukungan calon perseorangan yang akan diverifikasi faktual, Amnasmen mengatakan, sekitar 545 ribu dukungan yang tersebar di seluruh daerah di Sumbar.

Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 secara virtual oleh KPU Sumbar ini dihadiri oleh Pemprov Sumbar, DPRD Sumbar, Forkopimda Sumbar, pimpinan partai politik di Sumbar, Komisi Informasi Sumbar, KPID Sumbar, ormas dan OKP, serta wartawan media cetak, elektronik, dan online. (gyn)