Padang, inioke.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menyerahkan alat peraga kampanye (APK) kepada masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Penyerahan APK ini melalui penghubung atau LO masing-masing pasangan calon oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, Senin (26/10).

APK yang diserahkan berupa baliho 57 lembar, umbul-umbul 895 lembar dan spanduk 1.158 lembar untuk masing-masing pasangan calon. Selain APK yang difasilitasi KPU ini, pasangan calon boleh menambah mencetaknya secara mandiri sesuai ukuran APK yang difasilitasi oleh KPU/KPU provinsi/KPU kabupaten/kota dengan jumlah paling banyak 200% (dua ratus
persen) dari jumlah maksimal.

Amnasmen mengatakan, sesuai aturan yang berlaku, maka KPU menfasilitasi alat peraga kampanye pasangan calon yang nantinya akan dipasang oleh tim masing-masing pasangan calon pada titik-titik yang telah ditentukan.

“Tempat pemasangan APK sudah kita tentukan dan disepakati bersama dengan pasangan calon melalui LO dan partai pengusung, serta KPU kabupaten dan kota se-Sumatera Barat,” terang Amnasmen, didampingi Ketua Divisi Teknis, Izwaryani, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas, Aan Wuryanto, serta Kasubag Teknis dan Hupmas Jumiati, saat menyerahkan APK di Aula Kantor KPU Sumbar.

Baca juga :  "Malapeh Niaik Kawua" Petani Talu Tunaikan Zakat

Penyerahan APK dari KPU dihadiri masing-masing LO atau penghubung pasangan calon, sehingga semua bisa melihat kalau yang diserahkan itu sama jumlah dan ukurannya.

“Kita sengaja mengundang Paslon atau LO dalam penyerahan ini, agar semua bisa melihat kalau jumlah dan lebar APK yang kami serahkan pada Paslon sama,” ulas kasubag Teknis dan Hupmas Jumiati.

Ditegaskannya, sengaja APK tersebut langsung diturunkan dari mobil pengangkut ke mobil penjeput, sehingga tidak ada kesempatan siapapun melakukan pengrusakan atau mengakali APK tersebut.

“APK ini langsung kita turunkan dari truck pengangkut langsung ke mobil penjeput dari Paslon, agar tidak ada indikasi lain dan praduga macam-macam, yang bisa membuat kegaduhan,”tutup Jumiati. (ioc)