Padang, inioke.com–KPU Sumbar akan menerima pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan serentak 2020 pada 4-6 September nanti. Terkait jadwal dan persyaratan pendaftaran, KPU Sumbar melakukan sosialisasi kepada pimpinan partai politik dan stakeholder terkait, di Grand Inna Muara Padang, Selasa (18/8).

“Seluruh partai politik dan pemangku kepentingan terkait pencalonan harus mempunyai persepsi yang sama terkait syarat pendaftaran yang nantinya akan diserahkan kepada KPU Sumbar,” kata Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Izwaryani.

Ia melanjutkan, partai politik tentu sudah paham dengan peraturan perundangan-undangan dan tentu sudah ada arahan dari DPP masing-masing partai. Syarat mendaftar sebagai bakal calon mulai dari syarat yang berkaitan dengan pribadi, itu dibuktikan dengan dokumen pernyataan. Kemudian, SK pasangan calon yang ditandatangani oleh Ketua Umum partai dan Sekjen DPP partai. Tanda tangan tersebut harus asli.

“Syarat lainnya, yang harus diperhatikan berkaitan dengan lembaga lain, seperti ijazah, keterangan pengadilan, SKCK dari kepolisian, keterangan pajak, KPK dan lainnya. Pendaftaran dibuka selama tiga hari, dua hari pertama pada jam kerja pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, hari terakhir pendaftaran pukul 08.00 hingga 24.00 WIB,” pungkasnya. (ioc)

Baca juga :  Hari ini Positif COVID-19 di Sumbar Menjadi 11 Orang