Padang, inioke.com–Realisasi pencairan BLT Dana Desa di Sumatera Barat peruntukan bulan April mencapai angka 91 persen dari 928 desa/nagari. Sedangkan peruntukan realisasi pencairan di bulan Mei baru mencapai angka 18 persen dari 928 desa/nagari di Sumatera Barat yang mendapat BLT Dana Desa tersebut.

Koordinator Konsultan Pendamping Wilayah II Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPW II – P3MD) Sumbar, Feri Irawan, adapun capaian realisasi pencairan BLT DD peruntukan bulan Mei masih pada angka 18 persen karena sebelumnya pencairan peruntukan bulan April (tahap I) dilakukan pada Bulan Mei, sehingga pencairan peruntukan bulan Mei (tahap II) belum dapat direalisasikan di bulan yang sama.

“Kita minta Pemerintah Nagari atau Desa agar menyelesaikan pencairan BLT DD peruntukan bulan April 100 persen pada minggu pertama bulan Juni ini,” kata Feri kepada inioke.com, Rabu (3/5).

Dilanjutkan Feri, pencairan BLT DD peruntukan bulan Mei (Tahap II) agar diselesaikan di minggu kedua atau pertengahan bulan ini. Sedangkan pencairan BLT DD peruntukan bulan Juni (Tahap III) sudah dapat direalisasikan secara 100 persen pada akhir bulan ini.

Baca juga :  Diskusi Publik : Pemprov Sumbar Terkesan Tidak Serius Menerapkan PSBB

Karena berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 50/PMK.07/2020 tentang perubahan kedua atas PMK RI nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa, BLT Dana Desa akan diberikan kembali untuk bulan Juli sampai September dengan besaran Rp.300.000/KK dengan data penerima yang sama pada Tahap I,II dan III.

“Apresiasi kami sampaikan kepada pendamping desa sebagai mitra Tim Relawan dan fasilitasi pemerintahan Desa atau Nagari. Garda terdepan dalam mendata penerima BLT Dana Desa yang tetap bekerja melakukan pendataan di tengah wabah pandemi berdasarkan protap Covid-19. Semoga apa yang telah dilakukan oleh tim relawan bernilai ibadah dalam membantu penanganan Covid-19 di Sumbar, ungkap Feri.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah mengucurkan BLT melalui anggaran Dana Desa untuk masyarakat. BLT Dana Desa yang dicairkan mulai April hingga Juni tersebut Rp600 ribu per/kk. Hal tersebut dilandasi Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. (boy)