Padang, inioke.com–Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, kembali mencatat penambahan terbanyak orang kena corona hari ini (14/5). Penambaha positif COVID-19 mencapai 32 orang. Dengan begitu jumlah positif COVID-19 di Sumbar 371 orang. Jumlah ini jauh melampaui prediksi para ahli yang memperkirakan puncak kasus COVID-19 di Sumbar sekitar 350 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, penambahan tersebut didominasi oleh Kota Padang, disusul 4 kabupaten/kota lainnya.

“Rinciannya, dari Kota Padang 27 orang, Kabupaten Lima Puluh Kota 2 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang, Kabupaten Mentawai 1 orang dan Kota Payakumbuh 1 orang,” ujarnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Defriman Djafri memprediksi 350 ribu orang berpotensi terpapar virus corona di Sumbar.

Defriman yang juga menjadi tim penanganan virus Corona Covid-19 di Sumbar itu menyebut, ia dan timnya sudah membuat berbagai macam pemodelan untuk memprediksi hal ini.

“Seperti apa pun pemodelan yang dibuat, tentu banyak hal yang tidak terprediksi di lapangan,” kata ahli epidemiologi ini.

Baca juga :  Imbauan Gubernur Sumbar, Shalat Idul Fitri di Rumah Saja

Ia menyebut pemodelan yang dibuatnya tidak memastikan berapa jumlah pasien saat puncak pandemi di Sumbar, yang diperkirakan terjadi pada akhir Mei.

Namun, prediksi tersebut adalah sebagai bahan acuan atau semacam alarm kepada pemerintah agar lebih tanggap menangani pandemi ini. (ion)