Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Legislator apresiasi Pemkab Pesisir Selatan dekatkan layanan E-KTP ke masyarakat
Anggota DPRD Pesisir Selatan Novermal Yuska saat memberi sambutan pada musrenbang Kecamatan Ranah Pesisir di Ranah Pesisir. (ANTARA/Didi Someldi Putra)
OKE News

Legislator apresiasi Pemkab Pesisir Selatan dekatkan layanan E-KTP ke masyarakat 

Painan, inioke.com – Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera BaratNovermal Yuska mengapresiasi upaya pemerintah kabupaten setempat dalam mendekatkan pelayanan KTP elektronik (E-KTP) dan dokumen kependudukan lainnya kepada masyarakat.

“Sejak satu setengah tahun terakhir masyarakat di Pesisir Selatan tidak lagi kesulitan mengurus E-KTP dan dokumen kependudukan lainnya,” kata anggota DPRD Pesisir SelatanNovermal Yuska pada musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kecamatan Ranah Pesisir di Ranah Pesisir, Jumat.

Dokumen kependudukan tersebut, lanjutnya bisa diurus di kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di kecamatan masing-masing.

“Saya memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan pemerintah kabupaten ini,” katanya lagi.

Padahal sebelumnya pengurusan dokumen hanya bisa dilakukan di ibu kota kabupaten sehingga masyarakat mesti mengeluarkan biaya yang besar jika mengurusnya.

Biaya tersebut jelasnya dikeluarkan masyarakat sebagai ongkos transportasi hingga makan dan minum selama pengurusan.

“Pesisir Selatan memanjang dari utara ke selatan dengan garis pantai yang mencapai 218 kilometer, sehingga dibutuhkan biaya yang lumayan, apalagi jika urusan tidak bisa tuntas dalam satu hari, tentu biaya yang dibutuhkan lebih besar lagi,” ungkap dia.

Baca juga :  Pameran dan Bursa Bonsai

Dalam kesempatan itu ia juga mengemukakan beberapa usulan pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat Ranah Pesisir, termasuk peningkatan beberapa titik jalan kabupaten.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyebut pendirian kantor UKL Kependudukan dan Pencatatan Sipil di tiap kecamatan pada daerah setempat dilaksanakan usai mengamati masyarakat setempat yang kesulitan mengurus berbagai dokumen kependudukan.

Ia menyebut UKL diluncurkan pada Juli 2018 dan semenjak itu animo masyarakat dalam mengurus dokomen kependudukan meningkat drastis.

Selain itu guna pelayanan kependudukan semakin dekat, di masing-masing UKL juga disiapkan petugas yang terjun ke masyarakat di pelosok kampung dan berbagai terobosan lainnya. (*)

Pewarta : Didi Someldi Putra
Editor: Mukhlisun
(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *