Tanah Datar, inioke.com—Jorong Guguak Nagari Guguak Malalo, Batipuh Selatan dihantam longsor dan banjir bandang, Minggu (5/4) pagi. Terjangan longsor diiringi air bah tersebut menghanyutkan 4 rumah dan 2 orang pemiliknya, yang masih dalam pencarian.

Menurut salah seorang warga, Syahril, hujan deras Sabtu (4/4) malam menyebabkan terjadinya longsor dan banjir bandang tersebut. Ia menceritakan, saat berada di belakang rumah, air sudah masuk kedalam melalui pintu belakang. Melihat itu, ia bergegas menyelamatkan diri dan membangunkan anggota keluarga lainnya. Tak lama berselang, ia melihat material longsor menghantam rumah lainnya secara tiba-tiba.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Guguak Malalo, Jasmanidar, mengatakan, saat ini warga yang berada di sekitar lokasi diminta mengosongkan rumahnya.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tidak terlalu mendekati lokasi kejadian,” ujarnya.

Saat ini, tim gabungan penanganan bencana longsor dan banjir bandang di Nagari Guguak Malalo, mulai membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Akibat bencana tersebut akses transportasi yang menghubungkan Solok dengan Bukittinggi atau Padang Panjang lewat Malalo belum bisa dilalui kendaraan.

Baca juga :  Tetap 19 Orang, Tidak Ada Penambahan Warga Padang Panjang Positif COVID-19

Selain itu, jajaran kepolisian dari Polsek Batipuah Selatan dan Polres Padang Panjang bersama BPBD Tanah Datar dan warga sedang melakukan pencarian dua warga yang hilang. Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi didampingi Kasubbag Humas AKP Witrizawati menyampaikan dua korban yang belum ditemukan itu bernama Bainar dan Jun.

“Tim kepolisian bekerjasama dengan masyarakat sedang melakukan pencarian korban yang belum ditemukan. Serta bersama masyarakat melakukan upaya-upaya pertolongan terhadap para korban,” ujarnya. (GYN)