Agam, inioke.com—Longsor terjadi kembali di Kabupaten Agam. Tepatnya di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (3/6/2020).

Sebelumnya, longsor terjadi di jalan Matur-Palembayan, Agam, pada Sabtu (30/5/2020). Tepatnya di Jorong Sungai Taleh, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan.

Petugas Pusdalops BPBD Agam Lukman menyebut, longsor terjadi sekitar pukul 18.15 WIB. Ini tak lepas dari hujan yang berkepanjangan.

”Data sementara akibat kejadian ini, 2 unit rumah rusak berat dan 3 rumah rusak sedang, tidak ada korban jiwa atau yang terluka,” sebutnya.

Selain merusak rumah, longsor menutup akses jalan sepanjang 100 meter dengan ketinggian material mencapai 70 sentimeter. Material longsor berupa lumpur bercampur tanah.

“Total 17 jiwa kita data mengungsi akibat kejadian ini. Saat ini kita masih melakukan pendataan dan koordinasi untuk penanganan,” ucap Lukman.

Saat curah hujan tinggi, warga yang tinggal di daerah rawan longsor diimbau untuk waspada. Seperti dekat perbukitan atau tebing. Kabupaten Agam memiliki wilayah sejumlah tempat rawan longsor. Di antaranya di Kecamatan Tanjung Raya, Malalak, Matur, Palembayan, Palupuah, IV Koto dan Baso. (std)

Baca juga :  Diskusi Webinar KI Kupas Persoalan Informasi di Masa Pandemi Covid-19