Padang, inioke.com–Mahyeldi-Audy Joinaldy mendaftar sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada 2020, Jumat (4/9).

Pendaftaran hari pertama ini, Mahyeldi dan Audy datang ke KPU Sumbar sekitar pukul 13.30 WIB. Hujan yang mengguyur Kota Padang mewarnai suasana pendaftaran pasangan yang diusung PKS dan PPP ini.

Beberapa pengurus DPW PKS dan PPP nampak hadir mengantarkan Mahyeldi-Audy, di samping Ketua dan Sekretaris DPW, serta LO. Terlihat juga beberapa relawan dan tim pemenangan. Pasangan ini diterima Komisioner dan sekretariat KPU Sumbar di Aula.

Dalam menerima pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur ini, KPU Sumbar menerapkan protokol kesehatan. Di pintu masuk disediakan tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun. Kemudian untuk barang bawaan juga disediajan semprot desinfektan. Tidak lupa hand sanitizer. Orang yang ingin masuk area pendaftaran harus mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya, serta wajib pakai masker. Sedangkan para petugas terlihat memakai sarung tangan.

“Hanya pasangan bakal calon, ketua dan sekretaris partai pengusung, serta penghubung (LO) yang boleh masuk ke aula. Sementara yang lain silakan menunggu di tempat yang disediakan dengan tetap menjaga jarak,” ujar anggota KPU Sumbar, Gebril Daulai.

Baca juga :  PMI Gandeng Eijkman untuk Mengembangkan Obat COVID-19 dari Plasma Darah

Di luar tempat penerimaan berkas persyaratan pendaftaran disediakan 2 unit televisi yang menyiarkan proses penerimaan berkas. Prosesnya berjalan lancar, persyaratan pun tidak ada yang kurang.

“Semua dokumen lengkap. Kita telah periksa, mulai berkas persyaratan pencalonan dari parpol, dokumen pribadi, dan lainnya. Setelah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, kita buatkan berita acara penerimaannya. Kemudian surat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan nantinya,” ungkap Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.

Setelah mendaftar, Mahyeldi-Audy mengucapkan terima kasih kepada KPU Sumbar dan semua pihak yang telah membantu, sehingga berjalan lancar.

“Terima kasih kepada semuanya. Terima kasih KPU Sumbar yang sudah menerima kami,” kata Mahyeldi, kepada wartawan sebelum meninggalkan tempat pendaftaran.

Begitu pula, Audy yang baru pertama kali mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah. Ia menganggap itu sebagai sesuatu yang baru, apalagi pendaftaran di era normal baru ini.

“Pengalaman pribadi dengan sistem yang baru. Semua persyaratan telah diterima KPU. Selanjutnya, kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai jadwalnya. Mohon doanya, mari kita jaga Pilkada badunsanak ini tetap aman dan damai,” pungkas Audy. (ioc)

Baca juga :  Wabah corona tidak pengaruhi kunjungan wisatawan ke Solok Selatan