Padang, inioke.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernuran, di Kota Padang, Jumat (26/2/2021) pagi. Sertijab dilakukan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Hamdani kepada┬áPasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi.

Sertijab dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dimana hanya yang berkepentingan yang bisa masuk ke ruangan Auditorium.

Acara diawali dengan penandatanganan berita acara sertijab Gubernur Sumbar dan penyerahan memori jabatan dari Hamdani kepada Mahyeldi.

Dalam sambutannya, Hamdani menyampailan beberapa hal penting untuk dilakukan gubernur terpilih demi kemajuan Sumbar. Diantaranya agar bisa mencari sumber dana lain selain APBD serta percepatan progres jalan tol Sumbar – Riau.

Hal senada juga ditegaskan Ketua DPRD Sumbar, Supardi. Ia berharap Gubernur selesaikan persoalan jalan tol satu-satunya proyek strategis nasional di sumbar.

“Pada Pak Gubernur dan Wakil Gubernur saya titip satu-satunya proyek strategis nasional di Sumbar, jalan tol. Tidak ada progresnya. Saya harap Gubernur dan Wakil bisa ambil alih ini. Proyek ini besar pengaruhnya pada pertumbuhan ekonomi kita,” kata Supardi.

Baca juga :  DPRD Sumbar Usulkan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Menjawab harapan-harapan tersebut, Mahyeldi menyatakan kesiapannya menjalankan tugas sebagai kepala daerah dimasa yang sulit ditengah pandemi covid-19 saat ini.

“Pembangunan Sumbar kedepan memang penuh tantangan. Dengan dukungan semua pihak, kita yakin kita mampu. Pak Sekda dan Kepala OPD harus pakai gigi 2, harus ada percepatan. Insyaallaah dengan niat baik, dengan Bismillaah kita mulai percepatan pembangunan Sumbar,” kata Mahyeldi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melantik tiga pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Hasil Pilkada Serentak 2020 di Istana Negara, Jakarta. Salah satunya yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih periode 2021-2024, Mahyeldi dan Audy Joinaldi.(rls)