Mentawai, inioke.com—Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, warga yang masuk ke Kepulauan Mentawai akan diperiksa dengan ketat. Tidak terkecuali Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, yang berkunjung ke Muaro Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Senin (1/6).

Kerja keras gugus tugas penanganan Covid-19 di Kepulauan Mentawai itu pun mendapat apresiasi dari orang nomor dua di Sumbar ini. ”Kami sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras dari gugus tugas di sini (di Kepuluan Mentawai, red). Dengan pemeriksaan ketat seperti ini, kita yakin penanganan virus korona di pulau ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Mantan bupati Pesisir Selatan itu mengatakan, sejauh ini masyarakat Siberut terus melakukan protokol Covid-19 pada setiap orang yang masuk ke wilayahnya. Kebijakan ini tidak lepas dari kerja keras bupati Kepulauan Mentawai dan dukungan semua pihak.

Sejauh ini lanjutnya, situasi masih terkendali. Hal ini tak lepas adanya sinergitas antara pemerintah, TNI dan Polri. Nasrul Abit memastikan penanganan penyebaran wabah korona bisa berjalan lancar. Bahkan untuk persiapan menuju tatanan kehidupan baru.

Baca juga :  Semakin Lama PSBB Semakin Terpuruk Ekonomi

Selain itu, dia juga memuji masyarakat Muaro Siberut daerah yang paling siap dalam hal penanganan pandemi Covid-19. Karena, masyarakat Siberut terlihat mengikuti semua anjuran pemerintah.

”Kunci masalah ini ada di masyarakat, kalau dilakukan dengan disiplin dan penuh keiklasan, maka Covid-19 tidak ada lagi di Mentawai,” sebutnya.

Dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19, sambungnya, melibatkan tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat dan tokoh yang lain menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakapolsek Muara Siberut Ipda Dinardo Bangsawan mengungkapkan, siapa saja yang datang ke Siberut pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan. ”Siapa saja yang masuk ke wilayah ini, wajib memenuhi protokol kesehatan, kalau tidak kami akan lakukan tindakan tegas. Perintah putar balik akan kita lakukan,” tukasnya. (std)