Dharmasraya, inioke.com–Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27, pemerintah melalui BKKBN membuat gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Dharmasraya, seluruh kecamatan secara serentak melakukan pelayanan KB gratis kepada masyarakat, Senin (29/6).

Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska, saat meninjau gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini mengatakan, pelayanan KB gratis ini dilakukan sebagai langkah pengendalian penduduk. Karena selama pandemi COVID-19 saat ini, sebutnya, dikhawatirkan adanya lonjakan angka kelahiran.

“Maka dari itu, kami berharap kepada masyarakat, terutama pasangan usia subur, untuk dapat merencanakan kelahiran. Tunda dulu kehamilan di masa pandemi ini, karena rentan beresiko. Apalagi bagi yang sudah punya dua anak, baiknya di stop saja,” ujar Dewi.

Dikatakan Dewi, KB bukan hanya untuk mengatur jarak kelahiran terhadap anak, namun juga bertujuan untuk membentuk keluarga berkualitas.

“Pemerintah mencanangkan program 2 anak cukup itu agar kita bisa lebih memaksimalkan perkembangan anak, agar mereka tumbuh menjadi generasi yang berkualitas,” pungkas Dewi.

Baca juga :  Termasuk rawan bencana alam, BPBD Pasaman Barat: mari bekerja sama

Dewi berharap, gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang melibatkan lintas sektor ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang diharapkan. (ioc/rilis)