Padang Pariaman, inioke.com—Tiga warga Korong Sungai Pua, Nagari Koto Dalam Barat, Padang Sago, mengembalikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Dinas Sosial Padang Pariaman. Abdul Aziz (70), Bahar (72) dan Rakmah (75) tidak mau menerima bantuan tersebut karena merasa ada yang lebih membutuhkan.

“Masih ada warga yang lebih membutuhkan bantuan tersebut daripada kami, sedangkan mereka tidak dapat, itu alasan kami mengembalikan,” ungkap Bahar yang kerap dipanggil Mak Har, didampingi Abdul Aziz dan Rakmah, Senin (20/4).

Mereka tidak mau mengambil bantuan pemerintah itu, lanjut Mak Har, bukan tidak mensyukurinya. Tetapi hati mereka berkata lain, sehingga bantuan tersebut harus dikembalikan agar bisa disalurkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

“Kami bertiga berterima kasih dan sangat bersyukur pada Pemerintah Nagari Koto Dalam yang telah menyalurkan bantuan ini. Namun ini harus kami kembalikan,” sebut Mak Har.

Senada dengan Mak Har, Abdul Aziz menuturkan hal yang sama. Ia mengatakan beras dan sembako lainnya masih bisa dipenuhi, setidaknya untuk tiga bulan ke depan.

Baca juga :  Pesawat TNI Jatuh di Pemukiman Warga

“Seandainya saja kami tidak ada stok, tentu kami mau bantuan itu,” sebut Aziz.

Apa yang dilakukan Mak Har, Abdul Aziz dan Rakmah tersebut mendapat apresiasi dari Wali Nagari Koto Dalam Barat, Indra Suhada. Menurutnya, kesadaran warga menerima bantuan sangat dibutuhkan dalam situasi rumit akibat wabah corona ini.

“Masih ada warga yang menyadari nilai-nilai kejujuran dan kepedulian sesamanya, itu sangat kita apresiasi,” ujarnya.

Di Nagari Koto Dalam Barat, kata Indra, ada 209 kepala keluarga yang menerima BPNT. (ryo)