Limapuluh Kota–Enam mobil travel yang ingin masuk Sumbar disuruh putar balik oleh Wakil Gubernur Sumatera, Barat Nasrul Abit, saat melakukan razia di Perbatasan Sumbar-Riau yang terletak di daerah Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Selasa (19/5) dini hari.

“Sangat kita sayangkan walau PSBB sudah berlaku, masih saja ada belasan travel tetap beroperasi,” kata Nasrul Abit, didampingi Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra.

Nasrul Abit yang langsung menghentikan kendaraan berplat kuning tersebut membuat kaget petugas di Posko perbatasan. Selain menyuruh putar balik travel plat BM, Nasrul Abit, juga menyuruh putar balik lima kendaraan pribadi yang tidak sesuai Permenhub 25 tahun 2020 dengan alasan tidak jelas dan ingin mudik.

“Kita juga perintahkan kendaraan pribadi untuk putar balik, karena setiap penumpang dan sopir memiliki KTP yang berbeda alamatnya. Jadi tetap tidak boleh masuk Sumbar ,” kata Nasrul Abit.

Meski kendaraan tersebut putar balik, namun, larangan keras Nasrul Abit menghentikan mobilitas orang masuk dan ke luar Sumbar, ternyata belum sepenuhnya membuat pengemudi keder.

Baca juga :  Jutaan Belalang Gurun Merusak Tanaman di India

“Buktinya, pengemudi kendaraan masih banyak yang berhenti di salah satu warung menunggu kalau ada kesempatan untuk bisa lewat. Tidak ada yang tipu-tipu saya, tidak ada satupun kendaraan disini bisa masuk Sumbar. Saya akan catat semua plat nomor yang ada disini. Berani masuk Sumbar, kendaraan ini kita tahan sesuai aturan,” katanya.

Sementara itu, Wagub Sumbar menyampaikan, masih banyak mobil yang lewat dengan bermacam modus, seperti hanya membawa barang saja untuk dibawa ke Bukittinggi. Ia juga minta pada dinas terkait, Satpol PP dan Dishub mempersiapkan blangko untuk diisi oleh orang yang memiliki keperluan yang telah diatur Permenhub 25 tahun 2020 dan aturan PSBB.

“Masa semua travel itu isinya barang semua, itu tidak mungkin. Kita curiga penumpang lewat melalui sungai atau menumpang mobil truck dan menunggu di suatu tempat, dan nantinya dijemput oleh travel,” ujarnya.

Nasrul Abit yang datang bersama Asisten II Setda Sumbar Benni Warlis, Kepala Satpol PP Sumbar Dedy Diantaulani dan dinas terkait lainnya, mengucapkan terima kasih atas dedikasi petugas yang telah bekerja maksimal selama ini. (dal)

Baca juga :  Empat Anggota DPD RI Dengarkan Paparan Gubernur Sumbar terkait Penanganan Covid-19