Solok, inioke.com–Tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih untuk Pilkada tahun 2020 akan dimulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok lakukan Bimbingan Teknis kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2020, sebelum coklit dilakukan, terlebih dahulu dibentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sudah dimulai sejak 24 Juni sampai 14 Juli 2020 yang akan datang.

“Untuk mengontrol siapa yang menjadi PPDP ini, PPK harus memastikan PPS meminta nama, NIK, dan nomor kontak PPDP. Lalu PPS membuat daftarnya, dan umumkan di Kantor Wali Nagari dan tempat yang banyak dilihat warga, serta mengumumkan di website KPU. Teman-teman PPK harus bisa memastikan ini berjalan,” jelas Komisioner KPU Sumbar, Nova Indra, dalam Bimbingan Teknis Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih KPU Kabupaten Solok, Selasa (30/6).

Disampaikan Nova Indra, sebenarnya proses yang paling penting dalam tahapan pemuktahiran daftar pemilih bukan terletak pada penetapan DPS, DPShp dan DPT namun bagaimana proses tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih berjalan sesuai role-nya. Artinya harus menjadi perhatian khusus bagi PPK dalam merekrut PPDP agar dalam melaksanakan coklit sesuai dengan aturannya.

Baca juga :  Nova Indra : Coklit Tahapan Krusial dalam Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

“Sekali lagi saya tekankan kepada PPK, ketika melakukan perekrutan PPDP, jangan maunya tinggal senang saja. Ketika menerima masukan nama-nama calon PPDP dari pihak kelurahan, nagari atau desa, PPK harus memastikan dan melakukan cross check terlebih dahulu. Agar nantinya tidak kewalahan dalam memastikan PPDP datang ke rumah pemilih. Karena tugas utama kita adalah menjaga hak konstitusi warga,” pungkas Nova Indra.

Ia juga menyampaikan, dalam menjalankan tugas, PPDP diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti menggunakan APD, jaga jarak, hindari kontak fisik, sering mencuci tangan, sedia antiseptik, menggunakan alat tulis sendiri, cek suhu tubuh agar tidak terjadi penularan baik bagi petugas maupun masyarakat yang dikunjungi. (boy/dal)