Padang Pariaman, inioke.com– Rumah susun sewa (Rusunawa) di Kecamatan Enam Lingkung,  Padang Pariaman, memiliki 60 kamar, akan dipersiapkan menampung pasien positif COVID-19. Daya tampungnya bisa 100 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Yutiardi Rivai mengatakan hal di atas, sembari mengingatkan, gedung tersebut pernah digunakan untuk penginapan wasit Pekan Olahraga Provinsi Sumbar yang dilaksanakan di Padang Pariaman pada 2018.

Rusunawa tersebut, ujar Yutiardi, dinilai layak sebagai lokasi perawatan pasien karena dekat dengan RSUD Padang Pariaman serta jauh dari pemukiman warga.

Pihaknya pun telah meninjau gedung tersebut sebagai langkah antisipasi, jika warga Padang Pariaman terserang COVID-19 sedangkan rumah sakit penuh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi mengatakan pihaknya telah mencairkan dana tanggap darurat sebesar Rp700 juta untuk tahap awal yang digunakan untuk pembelian peralatan medis dan langkah penanganan penyebaran COVID-19.

“Jika masih kurang maka dicairkan lagi karena kita masih punya dana cadangan darurat dan jika diperlukan dapat dicairkan,” katanya.

Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Lismawati mengatakan pihaknya akan menyiapkan peralatan pendukung untuk perawatan pasien di Rusunawa tersebut yaitu di antaranya tabung oksigen, instalasi respirator, peralatan medis, dan mobil ambulans khusus untuk pasien yang terserang COVID-19. (Ant)

Baca juga :  UNP terapkan perkuliahan jarak jauh antisipasi corona