Padang, inioke.com–PT Pos Indonesia mulai mengantarkan langsung bantuan Jaring Pengamanan Sosial (JPS) Pemprov Sumbar untuk masyarakat terdampak COVID-19. Masyarakat di tiga daerah yang telah lengkap data dan persyaratannya, Padang Panjang, Sawahlunto, dan Agam, mulai bersiap-siap menunggu Pak Pos datang.

“Tiga daerah yang paling awal melengkapi data dan persyaratannya yaitu Padang Panjang, Sawahlunto dan Agam sudah mulai disalurkan hari ini,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Daerah-daerah lain yang juga telah menyerahkan data dan persyaratannya akan segera dikirim pula. Daerah itu masing-masing Kota Padang, Pariaman, Solok, Payakumbuh, Kabupaten Pesisir Selatan, Dharmasraya, Kabupaten Solok, Pasaman, Pasaman Barat, dan Kabupaten Tanah Datar.

“Beberapa daerah lagi memasukkan data pada Kamis malam, saat ini sedang proses verifikasi oleh tim,” ujarnya.

Bantuan yang diserahkan ke masyarakat itu untuk dua bulan, April dan Mei, dengan total Rp1,2 juta. Masing-masing kepala keluarga akan menerima Rp600 ribu per bulan. Bagi masyarakat penerima bantuan ini, rumahnya akan ditempeli stiker sebagai penanda agar tidak terjadi penerima bantuan ganda.

Baca juga :  Menggeliat Lagi, 16 Orang Positif Covid-19 di Sumbar Hari ini

Selain itu, Irwan menegaskan, Pemprov Sumbar tidak pernah menahan bantuan untuk masyarakat selagi data valid berdasarkan nama dan alamat sudah diserahkan oleh daerah.

“Buktinya, tiga daerah yang menyerahkan pertama, bantuan sudah mulai disalurkan hari ini atau sehari setelah data masuk,” tukasnya. (gyn)